36 Masakan Khas Aceh yang Terkenal Bikin Kamu Ketagihan! | SUMBER INSPIRATIVE

36 Masakan Khas Aceh yang Terkenal Bikin Kamu Ketagihan!


36 Masakan Khas Aceh yang Terkenal Bikin Kamu Ketagihan. Aceh, adalah Provinsi yang terletak di ujung Indonesia, yang pada beberapa tahun silam pernah porak poranda karena bencana alam tsunami pada tahun 2004. Tetapi walau terkena bencana besar itu, para penduduk yang berada disana tidak terpuruk, mereka dari dulu sampai sekarang terus bangkit dan maju untuk membangun lagi Aceh.


Wilayah yang terkenal dengan sebutan serambi Makkah ini, pada kenyataan nya banyak memiliki pesona alamnya yang begitu memanjakan mata. Salah satu pesona alam yang indah di Aceh yaitu pantainya yang sangat indah dan gugusan pulau weh. Pulau weh sendiri adalah pulau terujung milik Indonesia. Selain mempunyai pesona alam yang indah, Aceh juga menyimpan beragam macam sajian makanan khas Aceh yang lezat dan terkenal.

Lantas, apa saja makanan khas Aceh yang dimaksud? Tenang saja, kali ini kami akan memberikan Anda informasi makanan khas Aceh yang terkenal. Langsung saja ke topik, berikut adalah daftar makanan khas Aceh yang bikin kamu ketagihan untuk.

.            1. Mie Aceh , Makanan Khas Aceh

Mie Aceh
Masakan Khas Aceh - Mie Aceh


Masakan Khas Aceh. Makanan khas kali ini yang kita bahas yaitu makanan khas Aceh. Orang Indonesia pasti tidak asing lagi terdengar oleh mayarakat aceh. Mie Aceh salah satunya, makanan yang menarik dari Aceh, dapat kita nikmati dengan dua cara, yaitu dengan di goreng atau juga dengan kuah.

Untuk masalah rasa yang kita inginkan dapat sesuai dengan selera kita masing-masing. Agar tidak bosan , mie aceh dapat di sajikan dengan beberapa variasi lauk mulai dari sejenis seafood atau daging.

2. Sate Matang, Masakan Khas Aceh


Sate Matang
Masakan Khas Aceh - Sate Matang


Masakan Khas Aceh. Sate Matang adalah makanan khas Aceh yang dimana didalam daging itu dimasukan daging kambing atau daging sapi yang diungkep dengan bumbu khas Aceh kemudian di bakar. Sate Matang paling enak dimakan dengan kuah soto yang kaya akan bumbu-bumbu istimewa.

3. Kuah Pliek U, Masakan Khas Aceh


Kuah Pilek U Aceh
Masakan Khas Aceh - Kuah Pilek U


Masakan Khas Aceh. Makanan yang satu ini sangat unik namanya yaitu Kuah Pilek U yang merupakan makan khas yang melambangkan keeratan dan keberagaman, dalam masyarakat Aceh yang tertuang dalam satu kuali, sehingga memunculkan suatu rasa yang tersendiri. Kuah Pilek U juga merupakan cara penyaluran hasil bumi dari daerah Aceh. Makanan ini wajib Anda santap bila Anda mengunjungi ke Aceh.

4. Gulai Kambing Masakan Khas Aceh


Gulai Kambing
Masakan Khas Aceh - Gulai Kambing


Masakan Khas Aceh. Gulai Kambing khas Aceh sendiri menyimpan  rasa yang tersembunyi , karena di masak dengan bumbu asli khas Aceh. Gulai Kambing ini dimasak dalam kuali yang besar dan penyajianya selalu dalam keadaan panas, dengan daging kambing yang empuk serta tidak beraroma kambing lagi.

5. Kuah Masem Keu-eung, Masakah Khas Aceh


Kuah Masem Keu-eung Aceh
Masakan Khas Aceh - Kuah Masem Keu-eung Aceh


Masakan Khas Aceh. Masakan Masam Keu-ueng tidak hanya bisa Anda dapatkan di Aceh saja, tapi hampir seluruh penjuru Indonesia juga mempunyai masakan seperti ini tetapi dengan nama yang berbeda dan ciri khas yang berbeda juga. Masyarakat Aceh memiliki makna masam pedas yang cocok dengan lidah bangsa Indonesia.

6. Kuah Sie Itek, Masakan Khas Aceh


Kuah Sie Itek Aceh
Masakan Khas Aceh - Kuah Sie itek

Masakan Khas Aceh. Masakan selanjutnya adalah olahan dari itik atau bebek, tapi cara mengolahnya dengan cara yang berbeda karna resep ini diwariskan turun-temurun dari para pendahulu atau leluhur masyarakat Aceh. Bahkan sampai sekarang banyak restoran yang menyajikan makanan satu ini.

7. Ayam Tangkap, Makanan Khas Aceh


Ayam Tangkap Aceh
Masakan Khas Aceh - Ayam Tangkap


Masakan Khas Aceh. Ayam Tangkap merupakan olahan daging ayam yang di cincang kecil-kecil yang ditumpuk dengan daun teumuru dan cabai hijau serta ditaburi bawang goreng. Ketika Anda memakan kuliner yang satu ini Anda bisa harus mencari ayam yang terselimuti oleh daun teumuru.

8. Rujak Aceh, Masakan Khas Aceh


Rujak Aceh
Masakan Khas Aceh - Rujak Aceh

Masakan Khas Aceh. Rujak Aceh merupakan makanan khas dengan cita rasa khas yang berbeda dari rujak yang lain. Rujak Aceh yang didalamnya terdapat buah rumbia Aceh yang disiram dengan saus rujak, Rujak Aceh sangat lezat bila dinikmati dalam keadaan dingin ditambah lagi dengan es serut, sangat cocok di makan saat cuaca panas.

9. Martabak, Masakan Khas Aceh


Martabak Aceh
Masakan Khas Aceh - Martabak Aceh


Masakan Khas Aceh. Berasal dari daerah yang berbeda, Martabak Aceh pastinya memiliki cita rasa yang berbeda pula dengan martabak yang lainnya. Dalam pembuatannya berbahan roti cane sebagai lapisan luar, bertambah dengan ditaburkan bawang merah, cabai ijo, dan di lengkapi dengan kuah sambal. Martabak Aceh sangat lezat bila dinikmati bersama keluarga waktu menjelang malam hari.

10. Ungkot Kemamah, Makanan Khas Aceh


Ungot Kemamah
Masakan Khas Aceh - Ungkot Kemamah


Masakan Khas Aceh. Ungkot Kemamah adalah salah satu masakan khas Aceh dengan cita rasa yang menantang. Dengan bahan baku ikan tuna sebagai bahan pokok yang dikeringkan dan kemudian dicincang.

Ikan kemamah ini dapat dimasak dengan bahan masakan seperti santan kelapa, cabai hijau, kantang dan bahan masakan yang lainya. Sejak zaman perang melawan Belanda dulu, Ungkot Kemamah ialah masakan yang sudah populer karena cara masak yang berbeda.

11. Kue Adee atau Bingkang, Masakan Khas Aceh


Kue Adee atau Bingkang
Masakan Khas Aceh - Kue Adee atau Bingkang


Masakan Khas Aceh. Kue Adee atau Bingkang adalah kue tradisional yang bisa Anda temui hanya di Provinsi Aceh, kawasan kabupaten Pidie Jaya. Tektur lembut, lengi dan manis, hidangan ini sangat cocok bila disajikan untuk tamu maupun dalam kumpul keluarga bersama.

12. Kue Timphan, Jajanan Khas Aceh


Kue Timphan Aceh
Masakan Khas Aceh - Kue Timphan


Masakan Khas Aceh. Masakan khas Aceh selanjutnya yaitu Kue Timphan, berbahan dasar tepung ketan, bercampur dengan srikaya dan pisang beranang. Bagi masyarakat Aceh sendiri, Kue Timphan merupakan hidangan wajib untuk menjamu para tamu yang berkunjung kerumah ketika hari raya lebaran, baik itu idul fitri maupun hari raya idhul adha.

13. Kopi Aceh Minuman Khas Aceh


Kopi Aceh
Minuman Khas Aceh - Kopi Aceh


Minuman Khas Aceh. Aceh dari dulu memang terkanal dengan penghasil kopi terbesar di Indonesia, dengan cita rasa yang khas dan aroma kopi yang kuat sebagai cirri khasyang diberi nama Kopi Aceh Gayo. Setiap kopi pada dasarnya sama tetapi yang membedakan adalah cara pengolahanya.
Kopi Aceh mengandung antitoksin yang dimana dapat menambah stamina dalam tubuh dan mengencangkan kulit kita.

14. Sanger, Minuman Khas Aceh


Sanger Aceh
Minuman Khas Aceh - Sanger

Minuman Khas Aceh. Sanger juga merupakan salah satu kopi khas Aceh. Dengam campuran kopi hitam, susu kental manis dan gula. Sanger memang hamper sama dengan kopi susu yang kita lihat di cafe-cafe. Tapi jangan salah , Kopi Sanger ini sangat berbeda dari kopi pada umumnya karena tak semua orang mampu membuat Sanger.

Pada saat kopi diseduh dengan saringan dari kain berbentuk kerucut, kemudian ditambahi dengan susu kental dan sedikit gula , Itulah yang membedakan kopi Sanger dengan kopi biasa uang kita minum.

15. Manisan Pala, Oleh Oleh Khas Aceh


Manisan Pala Aceh
Oleh-oleh Khas Aceh - Manisan Pala


Masakan Khas Aceh. Jika kita berkunjung ke Aceh , pasti Anda bertemu dengan makanan khas dari Aceh. Ada banyak sekali masyarakat Aceh yang memproduksi dan memasarkan Manisan Pala. Bahkan pala ini merupakan komoditi terbesar di Aceh Selatan. Jadi Anda akan banyak sekali menemukan Manisan Pala jika berlibur atau berkunjung ke Aceh Selatan.

16. Pisang Sale, Cemilan Khas Aceh


Psang Sale Aceh
Cemilan Khas Aceh - Pisang Sale


Masakan Khas Aceh. Pisang Sale sudah lama dikenal banyak masyarak sebagai makanan tradisional kususnya di kawasan Aceh Timur sebagai sentra pisang sale wilayah Aceh. Makanan tradisional ini mempunyai rasa dan aroma yang khas, terbuat dari pisang matang yang kemudian di jemur sampai kering, yang selanjutnya di asapi agar tahan lama. Pisang Sale dapat dinikmati langsung atau dengan di goreng terlebih dahulu.

17. Kembang Loyang, Masakan Khas Aceh


Kembang Loyang
Masakan Khas Aceh - Kembang Loyang

Masakan Khas Aceh. Kembang Loyang adalah makanan khas Aceh Tamiang, bahan pokok pembuatan Kembang Loyang yaitu dari tepung ropi bercmpur dengan gula, telur dan sari pati santan kelapa. Kembang Loyang sering ditemukan dalam acara hajatan dan hari-hari besar masyarakat Aceh.

18. Lepat, Makanan Khas Aceh


Lepat Aceh
Masakan Khas Aceh - Lepat


Masakan Khas Aceh. Masyarakat Indonesia pasti mengetahui makanan yang di bungkus dengan daun pisang lalu dikukus ini adalah Lepat.  Lepat sendiri berisi kelapa parut pada bagian tengahnya.  Dan banyak disajikan pada hari besar dan dapat bertahan sampai dua minggu lamanya.

19. Jadah Lemang, Masakan Khas Aceh


Jadah Lemang Aceh
Masakan Khas Aceh - Jadah Lemang


Masakan Khas Aceh. Makanan khas selanjutnya adalah Jadah Lemang. Makanan Aceh yang satu ini ini bercita rasa gurih, terbuat dari beras ketan bercampur denga kelapa berbumbu garam. Rasa gurih yang mantap sangat cocok bila dihidangkan dengan rendang menjadi sajian wajib ketika hari raya idul adha.

20. Kue Bhoi, Masakan Khas Aceh


Kue Bhoi Aceh
Masakan Khas Aceh - Kue Bhoi


Masakan Khas Aceh. Kue Bhoi khas Aceh ini memiliki bentuk yang sangat unik, mulai dari bentuk ikan, binatang, dan berbentuk bunga. Sebagai makanan tradisional, Kue Bhoi bisa Anda beli dengan harga 5000 sampai 10000 rupiah per kemasan.Terkadang juga ada yang membandrol dengan harga ratusan ribu.

Dalam perayaan pernikahan Kue Bhoi merupakan kue yang dapat di jadikan bingkisan bagi pengantin pria pada waktu pelaksanaan upacara pernikahan. Bila tidak mau menunggu Kue bhoi bisa Anda temukan di pasar-pasar tradisional.

21. Bohromrom, Masakan Khas Aceh


Bohromrom Aceh
Masakan Khas Aceh - Bohromrom


Masakan Khas Aceh. Bohromrom memiliki nama lain yaitu kue boh duek beudeh dalam bahasa Aceh. Jajanan ini sangat cocok untuk Anda yang bingung untuk mencari oleh-oleh dari Aceh, kue ini adalah salah satu oleh-oleh yang cocok untuk keluarga dan teman Anda di rumah.

Dalam pembuatan Bohromrom berbahan tepung ketan dan parutan kelapa sekilas sama dengan kue klepon yang ada di Jawa, yang membedakan dari segi warna. Dalam kue Bahrom ada gula merah yang leleh ketika Anda mencicipi kue ini.

22. Meuseukat, Masakan Khas Aceh


Meuseukat Aceh
Masakan Khas Aceh - Meuseukat


Masakan Khas Aceh. Meuseukat adalah makanan tradisional khas dari Aceh, meuseukat juga bisa disebut dengan dodol nanas khas Aceh. Bercampurkan nanas menjadikan rasa yang unik bagi dodol itu sendiri. Meuseukat sangat jarang ditemukan dipasar tradisional bahkan menginginkan Anda harus memesan terlebih dahulu sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke Aceh.

23. Pacri Nanas, Makanan Khas Aceh


Pacri Nanas Aceh
Masakan Khas Aceh - Pacri Nanas


Masakan Khas Aceh. Makanan khas yang satu ini bernama Pacri Nanas , yang dimana Pacri Nanas ini berbahan dasar dari nanas dengan bumbu seperti merica, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, cabai merah, serta bawang.

Untuk Anda yang ingin membuat makanan ini Langkah awal dalam pembuatan Parci Nanas dengan mencairkan gula putih terlebih dahulu hingga seperti karamel. Kemudian tuangkan air beserta bumbu yang Anda siapkan. Masak sampai mendidih dan jangan lupa taburkan garam seperlunya saja, aduk sedikit kemudian Parci Nanas siap santap.

24. Nasi Gurih, Masakan Khas Aceh


Nasi Gurih Aceh
Masakan Khas Aceh - Nasi Gurih


Masakan Khas Aceh. Nasi Gurih pasti bercita rasa gurih, karena dimasak dengan santan kelapa dan bumbu-bumbu khas  dari Aceh sebagai rahasianya. Jika boleh menyarankan bila makan Nasi Gurih, akan lebih mantap bila ditemani dengan lauk pauk seperti telur dadar, ikan balado, urap-urap dan jangan sampai ketinggalan dengan sambal.

25. Bubur Kanji Rumbi, Masakan Khas Aceh


Bubur Kanji Rumbi Aceh
Masakan Khas Aceh - Bubur Kanji Rumbi


Masakan Khas Aceh. Makanan selanjutnya yaitu ada Bubur Knji Rumbi. Makanan khas Aceh ini cocok sekali dalam bulan ramadhan yaitu Bubur Kanji Rumbi. Dengan berbahankan dari beras yang ditumbuk kasar dan direbus, dilengkapi dengan bumbu-bumbu rahasia yang dibuat oleh masyarakat Aceh, dan menjadikan Bubur Kanji Rumbi sebagai top list bulan ramadhan.

26. Roti Canai, Masakan Khas Aceh


Roti Canai Aceh
Masakan Khas Aceh - Roti Canai


Masakan Khas Aceh. Roti Canai Aceh adalah salah satu camilan yang berbahan tepung terigu berbentuk bulat dan dimasak dengan mentega. Roti Canai Aceh sudah sangat terkenal, ditambah dengan varian rasa yang berbeda, yang dihidangkan dengan empuk, biasanya memakan makanan ini bersama kuah kari kambing.

27. Kuah Beulangong, Makanan Khas Aceh


Kuah Beulangong Aceh
Masakan Khas Aceh - Kuah Beulangong


Masakan Khas Aceh. Makanan khas dari Aceh satu ini adalah Kuah Beulanging. Masakan khas dari Aceh ini, berbahan kan daging kambing atau sapi bertambahkan nangka muda untuk campurnya. Kuah Beulagong biasanya hadir dalam acar besar juga seperti dalam acara kenduri dan lain-lain.

28. Eungkot Paya, Masakan Khas Aceh


Eungkot Paya Aceh
Masakan Khas Aceh - Eungkot Paya


Masakan Khas Aceh. Masakan dengan cita rasa asam dan pedas adalah Eungkot Paya, merupakan warisan kuliner masyarakat Aceh. Berisikan ikan payau atau ikan air tawar seperti ikan gabus dan lain-lain.
Bahkan sampai sekarang masih mudah untuk menemukan makanan ini. Karena rasanya yang gurih dan sudah memang menjadi kegemaran masyarakat Aceh sendiri. Hingga saat ini Eungkot pya menjadi trending topik perburuan kuliner khas Aceh.

29. Sie Reuboh, Masakan Khas Aceh


Sie Reuboh Aceh
Masakan Khas Aceh - Sie Reuboh


Masakan Khas Aceh. Sie Rueboh Ini terbuat dari daging sapi rebus dengan bumbu khas Aceh yang fenomenal. Dimasak dengan sedikit tambahan cuka secara bertahap dalam pengolahannya. Warisan kuliner yang satu ini bisa bertahan lama dan terasa empuk ketika dinikmati.

30. Mie Jalak Sabang, Masakan Khas Aceh


Mie Jalak Sabang Aceh
Masakan Khas Aceh - Mie Jalak Sabang


Masakan Khas Aceh. Makanan selanjutnya yaitu Mie Jalak Sabang. Makanan ini bertekstur kenyal dan berwarna pucat. Dengan kuah kaldu bening dan rasa yang gurih dilengkapi dengan potongan daging cincang, telur rebus dan ditambah dengan tauge. Membuat mie ini sangat enak dan nikmat bila dimakan ketika hujan-hujan disore atau di malam hari.

31. Dendeng Aceh, Masakan Khas Aceh


Dendeng Aceh
Masakan Khas Aceh - Dendeng Aceh


Masakan Khas Aceh. Mendengar nama dendeng pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas ini. Dendeng Aceh ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis-tipis, kemudian dibumbui rempah-rempah khas Aceh.

Dalam pengolahanya daging sapi dijemur terlebih dahulu hingga benar-benar kering. Dengan cara ini dendeng Aceh dapat bertahan berhari-hari karena dengan cara dikeringkan dapat memperlambat pertumbuhan bakteri.


32. Bakpia Aceh, Oleh Oleh Khas Aceh


Bakpia Aceh
Masakan Khas Aceh - Bakpia Aceh


Masakan Khas Aceh. Kuliner satu ini adalah kuliner modern yang wajib Anda cicipi jika ke wilayah Aceh, kuliner ini cocok sebagai buah tangan. Berisi kacang hijau yang manis pasti rasanya menggoda. Pengasil Bakpia Aceh ada pada daerah pantai kasih, sabang.

33. Rujak Samalanga, Masakan Khas Aceh


Rujak Samalanga Aceh
Masakan Khas Aceh - Rujak Samalanga


Masakan Khas Aceh. Makanan selanjutnya  adalah Rujak Samalanga. Setiap kulner pasti mempunyai keunggulan masing-masing, seperti Rujak Samalanga yang asam, bercampur dengan manis dan pedas. Untuk bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Rujak Samalanga sama seperti rujak buah pada umumnya.

Yang menarik dari Rujak Samalaga adalah cara membuatnya diatas tempat ulekan yang besar, terbuat dari batu yang bisa menampung sampai 50 porsi Rujak Samalanga.

34. Kue Keukarah, Masakan Khas Aceh


Kue Keukarah Aceh
Masakan Khas Aceh - Kue Keukarah


Masakan Khas Aceh. Untuk Anda yang mengunjugi Aceh jangan lupa untuk mampir dan membeli camilan ini.Karna kue yang satu ini merupakan kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung dan santan, berbentuk lembing sebesar telapak tangan orang dewasa dengan rasa manis.

Sekilas kue ini mirip dengan serabut atau sarang burung. Karena rasanya yang enak dan bentuk yang unik, tidak sedikit orang yang membawa Kue Karah sebagai oleh-oleh.

35. Tasak Telu, Masakan Khas Aceh


Tasak Telu Aceh
Masakan Khas Aceh - Tasak Telu


Masakan Khas Aceh. Telu berarti tiga, masakan pertama terdiri dari ayam rebus bercampur dengan bumbu-bumbu khas dari Aceh. Kuah dari rebusan ini disisihkan sebagai kuah kaldu atau sup. Pada bagian tulang dapat digunakan lalu dimasak kembali dengan kuah kaldu ayam. Dengan tambahan bumbu-bumbu, campuan ini menjadi kuah kental yang gurih sebagai sajian kedua.

Pada sajian yang ketiga terdapat sayur-sayuran, berbagai sayur direbus seperti, kacang panjang, jantung pisang, daun pepaya, daun singkong dan tauge. Semua sayuran tersebut diurap dengan parutan kelapa bercampur dengan bumbu khas Aceh.

36. Sambal Ganja (Asam Udeung), Makanan Khas Aceh


Sambal Ganja Aceh
Masakan Khas Aceh - Sambal Ganja 


Masakan Khas Aceh. Dilihat dari namanya seperti makanan haram, tapi jangan memandang dari namanya, sambal ini bukan terbuat dari ganja melainkan sambal biasa pada umumnya teeapi sambal ini memiliki cirri khas tersendiri. Dinamakan demikian karena sambal ini membuat ketagihan bagi yang pernah mencobanya.

Terlepas dari namanya Sambal Ganja pada dasarnya berbahan dari daging udangyang diolah menjdi sambal yang fantastis rasanya.

Demikian Artikel mengenai tentang Makanan Khas Aceh yang kami sampaikan. Semoga Anda yang membaca mendapatkan wawasan baru dan jangan lupa di share ilmu nya agar bermanfaat bagi kita semua. Sampai bertemu kembali di Artikel kami laninnya. Salam Pecinta Ilmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "36 Masakan Khas Aceh yang Terkenal Bikin Kamu Ketagihan!"

Post a Comment