Pengertian Perangkat Lunak Jaringan Komputer (Sistem Operasi, Administrasi, Keamanan Jaringan) | SUMBER INSPIRATIVE

Pengertian Perangkat Lunak Jaringan Komputer (Sistem Operasi, Administrasi, Keamanan Jaringan)


Pengertian Perangkat Lunak Jaringan Komputer (Sistem Operasi, Administrasi, Keamanan Jaringan)


Pengertian Perangkat Lunak Jaringan Komputer (Sistem Operasi, Administrasi, Keamanan Jaringan)


Pengertian Perangkat Lunak Jaringan Komputer


perangkat lunak keamanan jaringan pada komputer

perangkat lunak jaringan pada komputer

Perangkat Lunak jaringan komputer adalah program yang sistematis menjadi penghubung antara pengguna dengan Perangkat keras jaringan komputer. Perangkat keras baru dapat digunakan jika didukung oleh sistem operasi jaringan dan perangkat lunak jaringan lainnya.

Diibaratkan perangkat keras merupkan jasad dan perangkat lunak adalah ruh dan keduanya harus saling bersinergi. Bila salah satunya tidak ada maka perangkat-perangkat jaringan komputer ini hanyalah sebuah nama yang tidak bisa digunakan.

Macam-macam Perangkat Lunak Jaringan Komputer

Untuk membangun sebuah jaringan komputer dibutuhkan minimal 3 macam Perangkat Lunak Jaringan Komputer sebagai syarat mutlak agar dapat berjalan secara optimal dan aman yaitu:

Perangkat lunak Utama (Sistem operasi jaringan komputer)


Sistem Administrasi Jaringan


Sistem keamanan Jaringan


Sistem operasi jaringan umumnya mempersiapkan berbagai fasilitas untuk untuk pengelolaan dan pemeliharaan aktivitas jaringan. Selain itu, berbagai perangkat lunak khusus juga sudah dikembangkan oleh individu dan perusahaan untuk mendukung kegiatan pengelolaan dan pemeliharaan jaringan.

Mengingat beragamnya fasilitas dan perangkat lunak tersebut, maka berikut ini akan dijelaskan berbagai fungsi utama yang dibuhkan dalam sistem operasi jaringan, pengelolaan dan pemeliharaan jaringan. Penjelasan ini dapat difungsikan sebagai panduan dalam memilih perangkat lunak jaringan komputer dan perangakat lunak pengelolaan dan pemeliharaan jaringan.

Perangkat Lunak jaringan Komputer Utama (Sistem Operasi Jaringan)

sistem operasi-perangkat lunak jaringan pada komputer


Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan perangkat lunak atau software jaringan komputer yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengawasan perangkat keras jaringan.

Pengawasan (controlling) dan pengelolaan (management) adalah fungsi-fungsi dasar dari perangkat lunak jaringan seperti pengelolaan lalu lintas (traffic) data dan informasi, mengontrol file dan direktori jaringan, dan lain-lain.

Perangkat Lunak Sistem operasi jaringan komputer juga mempunyai tugas menjalankan (running) perangkat lunak administrasi jaringan komputer. Selain dari itu, sistem operasi jaringan dijadikan sebagai penanggung jawab sistem keamanan jaringan dengan melakukan pemantauan otoritas pemakai layanan jaringan. Oleh karena itu, sistem operasi jaringan ini  merupakan perangkat lunak yang sangat vital bagi jaringan komputer.

Macam-Macam Perangkat Lunak Sistem Operasi Jaringan Komputer


NETWARE Netware, adalah sistem operasi jaringan yang paling terkenal dalam tahun 1980-an dan 1990-an dan merupakan sistem operasi jaringan dari Novell Inc. Pada pertengahan tahun 1990-an telah dibangun lebih dari sejuta jaringan berbentuk Netware.

Jika bandingkan dengan sistem operasi jaringan lainnya saat itu, Netware jauh lebih friendly digunakan dan terkenal dengan “kebandelannya”. Sekali jaringan yang berbasis Netware berhasil dibangun dan dijalankan maka biasanya jarang sekali mengalami kendala teknis dalam pengoperasiannya.

WINDOWS Windows yang pertama kali memperkenalkan Sistem operasi jaringan yaitu Windows NT (Network Technology). Sistem operasi jaringan ini dibuat dalam dua versi yaitu Windows NT Server untuk server jaringan dan Windows NT Workstation untuk komputer simpul atau workstation.

Setelah sudah berkiprah selama lebih dari lima tahun Windows NT lalu berganti versi yang lebih baik yaitu Windows 2000, juga tersedia dalam versi server dan versi Workstation. Selanjutnya, Windows 2000 juga diubah dengan Windows 200 juga dalam versi Server dan versi Workstation.

Perlu diingat bahwa perangkat komputer yang berbasis Windows (95, 98, ME, XP) bisa langsung dihubungkan ke jaringan berbasis sistem operasi jaringan Windows (NT, 2000, 2003). Bahkan sistem operasi Windows XP dikembangkan dengan mengambil teknologi jaringan yang diimplementasikan pada Windows NT.

LINUX Linux adalah nama kernel atau inti dari sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Torvalds dan diperkenalkan pada bulan September 1991. Dan sekarang ini, pengembangan Linux mencakup hampir semua jenis software untuk pekerjaan sehari-hari.

Sistem operasi Linux dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basis data, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga mempunyai paket aplikasi seperti word processing (pengolah kata), spreadsheet (lembar kerja), multimedia dan Internet.

Berbeda dengan sistem operasi lain yang hanya dimiliki oleh satu atau beberapa orang atau perusahaan, Linux dapat dimiliki oleh perorangan dan organisasi atau perusahaan dari negara manapun juga.

Linux merupakan salah satu sistem operasi open source yang dapat diatur sesuka hati oleh pengguna, dari sistem sampai dengan aplikasi. Pengguna bisa menginstall apapun yang ia butuhkan. Open Source mempunyai makna yang hampir sama dengan free software, yaitu kode program tersedia atau terbuka, sehingga siapa pun dapat mempelajari, mengubah, dan menyebar- luaskan kembali hasil perubahannya itu.

Open Source dimaksudkan antara lain dapat mengimbangi dominasi tunggal Microsoft Inc. terhadap sistem operasi PC dan sistem operasi jaringan. Meskipun demikian, semua distro Linux itu mempunyai kesamaan yaitu bisa dijalankan dengan mode teks, dan dapat ditambah program grafis dapat bekerja dengan mode grafis atau GUI (Graphical User Interface).

Hal ini berbeda dengan OS Windows yang hanya digunakan penuh jika ada GUI. Yang membedakan suatu distro Linux dengan distro yang lain merupakan cara instalasi dan administrasi. Misalnya, Knoppix merupakan distro Linux yang dapat langsung digunakan tanpa harus dipasang (install) di harddisk.

Sedangkan Mandrake sebelum bisa digunakan harus diinstal ke harddisk terlebih dahulu, dan sulit bagi pemula Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki sistem operasi Linux, dewasai ini sudah mulai populer dan banyak digunakan sebagai sistem operasi jaringan komputer.

Perangkat Lunak Administrasi Jaringan pada Komputer

kegiatan pengelolaan dan pemeliharaan jaringan komputer merupakan fungsi administrator jaringan. Pengelolaan jaringan adalah kegiatan yang terkait dengan pengoperasian jaringan sehari-hari untuk menjaga agar tetap berfungsi dengan baik dan maksimal. Sedangkan pemeliharaan jaringan merupakankegiatan yang dimaksudkan untuk menjamin ketersediaan infrastruktur jaringan untuk mendukung kelancaran operasional organisasi ataupun perusahaan.

Fungsi utama yang diperlukan dalam pengelolaan dan pemeliharaan jaringan

Unjuk kerja (performance) jaringan ini tergantung pada banyak faktor, antara lain beban dan utilisasi CPU, beban dan utilisasi Memori, beban dan utilisasi harddisk, lalu lintas (traffic) dalam jaringan, serta kualitas dan kecepatan media transmisi jaringan. Oleh arena itu, kemampuan perangkat lunak adminsitrasi jaringan dalam memantau faktor-faktor tersebut sangatlah dibutuhkan. Fasilitas yang sebaiknya tersedia antara lain:

Pemantau fault atau permasalahan perangkat keras jaringan

Penyeimbang Beban Jaringan, Dalam jaringan yang besar, beban jaringan idealnya bisa dibagi secara merata sehingga pada semua simpul jaringan terjadi keseimbangan unjuk kerja. Selain teknik telah dikembangkan untuk mendistribusikan beban dari suatu jaringan sehingga keseimbangan bisa diamanankan. Sudah pasti dalam pengelolaan suatu jaringan kemampuan perangkat lunak jaringan komputer dalam menyeimbangkan beban sangat diperlukan.

Perangkat Lunak Keamanan Jaringan Komputer


Selain pengelolaan dan pemeliharaan jaringan di atas, tantangan yang tak kalah besar lainnya merupakan sistem keamanan jaringan komputer. Banyaknya hacking, kejahatan didunia maya lainnya dan penyusupan jaringan oleh orang-orang yang tidak berhak (unauthorized).

Penyusupan ke dalam suatu jaringan ini biasanya ditujukan mengumpulkan informasi mengenai cara otentifikasi oleh jaringan tersebut, khususnya tanda pengenal pemakai (user identification) dan kata sandi (password).

 Begitu suatu jaringan komputer terkena sasaran penyusup maka sistem-sistem jauh (remote) yang terhubung ke dalam jaringan tersebut juga akan terkena pada bahaya para penyusup. Informasi tentang account pemakai dan kata sandi yang ditujukan atau digunakan selama terhubung ke jaringan yang telah disusupi tentu berada dalam risiko dicuri juga.

Demikian artikel yang kami sampaikan mengenai tentang Perangkat Lunak Jaringan Komputer (Sistem Operasi, Administrasi, Keamanan Jaringan). Kesimpulannya syarat minimal sebuah jaringan computer yaitu harus menggunakan perangkat lunak jaringan komputer : sistem operasi jaringan, sistem administrasi jaringan dan sistem keamanan jaringan komputer

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Perangkat Lunak Jaringan Komputer (Sistem Operasi, Administrasi, Keamanan Jaringan)"

Post a Comment