Pengertian dan Fungsi Telnet Secara Lengkap | SUMBER INSPIRATIVE

Pengertian dan Fungsi Telnet Secara Lengkap


Pengertian dan Fungsi Telnet Secara Lengkap



Apa Itu Telnet?

Pengertian Telnet atau Tel-Net adalah protokol komputer usang yang merupakan serangkaian aturan programatis dan protokol ini terkenal karena telah menjadi  orisinal Internet  ketika Net pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969 yang dibangun untuk dijadikan bentuk remote control untuk mengatur komputer mainframe dari terminal yang jauh.

Apa itu telnet dan fungsinya

Tel-Net merupakan singkatan dari Telecommunication Network  merupakan protocol Client Server yang memfasilitasi akses remote login ke komputer  host dalam sebuah jaringan komputer. Telnet juga bisa diartikan sebagai virtual atau emulasi terminal yang menggunakan protocol telnet untuk melakukan akses secara remote ke komputer.

Telnet juga merupakan sebuah perintah khusus, bagian dari protokol TCP/ IP untuk mengakses komputer remote. Protokol Telnet adalah protokol computer yang menggunakan berbasis teks. Tidak seperti tampilan layar pada browser modern contohnya Firefox atau Google Chrome, layar telnet sangat membosankan untuk dilihat.

Sangat berbeda dari halaman Web yang dapat menampilkan gambar mewah, animasi, dan hyperlink. Perintah Telnet adalah perintah yang agak samar yang tampak seperti apa yang diketikkan melewati keyboard komputer, contoh perintah yang menggunakan inisial ‘z’ dan prompt% fg’. Sebagian besar pengguna modern akan menganggap tampilan layar telnet sangat kuno dan lemot.

Jika Anda mempunyai semua otoritas yang diperlukan agar dapat menggunakan Tel-Net untuk mengakses komputer lain (Komputer host), Penggunaan internet HTTP dan FTP memungkinkan untuk mengirim dan menerima file dari komputer remote tertentu, namun sebelumnya Anda harus terdaftar sebagai pengguna pada host untuk dapat menggunakan layanan tersebut.

Setelah terdaftar pada hosting, anda sudah dapat melakukan Login host melalui Tel-net, sebagai user dengan semua hak yang Anda miliki. Sebagai contoh, menggunakan fasilitas Telnet untuk pengembang perangkat lunak dan setiap orang yang mempunyai kebutuhan untuk menggunakan aplikasi / data yang tersimpan pada host.

Apa Fungsi Telnet?

Fungsi Telnet yang utama yaitu mengakses komputer host secara remote login. Tel-net adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan komputer pengguna menjadi terminal dari komputer lain di jaringan internet. Tel-net memungkinkan untuk login  (akses masuk) sebagai pemakai komputer secara remote atau jarak jauh dan menggunakan program  yang tersimpan pada komputer host.

Telnet sendiri menggunakan 2 perangkat lunak jaringan komputer, yaitu program client dan server. software client difungsikan pada komputer yang meminta layanan pada server dan software server adalah program yang dijalankan oleh komputer  host yang member layanan pada client.

Protokol jaringan Telnet bukanlah satu-satunya cara akses ke komputer lain, namun juga alat yang sangat berguna untuk mengatasi masalah. Tel-net berjalan di atas TCP / IP, dari Ping menunjukkan ketersediaan dengan tingkat keandalan yang lebih besar. Selain itu, Telnet bisa menguji secara akurat komputer tujuan. Sebagai contoh, jika Anda mengalami kesulitan mengakses mesin multi-user, anda bisa mengirim perintah ping dan kemungkinan besar anda akan menerima respon.

Selain itu, Telnet klien bisa menggunakan port yang berbeda melalui port default Tel-net. Contohnya, Anda dapat mengatur port 25 untuk melakukan verifikasi mail server dan port 80, untuk melakukan operasi serupa dengan server Web.

Demikian artikel yang kami sampaikan mengenai tentang Pengertian dan Fungsi Telnet Secara Lengkap , semoga dapat menambah wawasan Anda dan jangan lupa untuk di share ilmunya.Salam Pecinta Ilmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Telnet Secara Lengkap"

Post a Comment