11 Makanan Khas Jambi yang Populer Dijamin Bikin Kamu Ketagihan! | SUMBER INSPIRATIVE

11 Makanan Khas Jambi yang Populer Dijamin Bikin Kamu Ketagihan!


11 Makanan Khas Jambi yang Populer Dijamin Bikin Kamu Ketagihan. Jambi adalah Propinsi yang terletak di sisi timur Pulau Sumatra yang merupakan salah satu Propinsi di Indonesia yang mempunyai nama yang sama dengan Ibukotanya. Ibukota Jambi terkenal dengan budaya Melayunya yang saaat ini masih digunakan oleh masyarakat Jambi.

Selain budaya yang sangat kental, ternyata Ibukota ini mempunyai berbagai macam makanan khas yang beranekaragam. Jika kalian berkunjung ke Jambi, jangan sampai kalian lewatkan untuk mencicipi kuliner-kuliner khas yang ada disana.

Oke guys, langsung saja ke topi nya. Berikut ini makanan khas Jambi yang wajib dicari ketika kalian berada di Kota tersebut.

1. Tempoyak, Makanan Khas Jambi


Makanan Khas Jambi - Tempoyak
Makanan Khas Jambi - Tempoyak


Makanan Khas Jambi. Sobat tahukan buah durian?, ya buah yang pada umumnya dijadikan es durian yang segar atau dijadikan pancake yang sangat nikmat seperti yang banyak ditemukan di wilayah Medan. Namun, di Kota Jambi buah durian diolah menjadi lauk yang bisa dinikmati bersama nasi putih.

Tempoyak sendiri adalah hidangan khas kota jambi yang terbuat dari buah durian hasil fermentasi, biasanya dicampur dengan ikan segar dari Sungai Batanghari. Akan tetapi, tempoyak juga dapat dinikmati tanpa ikan. Rasa tempoyak memang sedikit asam dan aroma duriannya lumayan pekat sehingga terkadang orang jika memakan nya menutup hidungnya.

2. Kue Srikaya, Makanan Khas Jambi


Makanan Khas Jambi - Kue Srikaya
Makanan Khas Jambi - Kue Srikaya


Makanan Khas Jambi. Salah satu kue legendaris Jambi adalah kue srikaya yang mempunyai aroma yang khas dan warna hijau lumut. Kue ini dibuat dari campuran tape dan santan, pewarnaanya menggunakan daun pandan. Tak heran kue ini mempunyai bau yang harum dan dapat menggugah selera sobat sekalian.

Wah ini sepertinya ada yang mengganjal, lantas dimana ya, buah srikayanya?  Pasti kalian bingung karena dari bahan yang saya sebutkan tadi tak mencantumkan sedikitpun mengenai buah srikaya. Ternyata nama srikaya itu hanyalah sekedar nama, sama halnya dengan selai srikaya yang hanya menggunakan nama.

Biar pun begitu kue ini rasanya tetap lezat dan nikmat ditambah aromanya yang khas siap untuk memberikan kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya, sobat wajib coba deh kue srikaya ini saat mampir di Kota Jambi.

3. Gulai Tepek Ikan, Makanan Khas Jambi


Makanan Khas Jambi - Gulai Tepek Ikan
Makanan Khas Jambi - Gulai Tepek Ikan


Makanan Khas Jambi. Tempoyak dan Kue Srikaya sangat mudah kita temukan bila sedang berada di Kota Jambi namun berbeda dengan makanan khas Jambi yang sakral ini. Loh kenapa Gulai Tepek Ikan ini sakral? pasti sahabat penasaran, ternyata karena makanan ini hanya bisa didapatkan saat momen-momen sakral saja seperti halnya saat pernikahan, kenduri dan acara adat lainya.

Gulai Tepek Ikan ini bahan utamanya adalah ikan gabus yang banyak akan protein dan gizinya. Sekilas tampilan Gulai Tepek Ikan ini hampir sama dengan gulai ikan lainya, tapi tetap saja makanan ini mempunyai rasa yang sangat khas dan berbeda. Sobat makin penasaran?, langsung aja ya main ke Kota Jambi, pasti bisa menikmati makanan yang sakral ini.

4. Dodol Nanas, Makanan Khas Jambi


Makanan Khas Jambi - Dodol Nanas
Makanan Khas Jambi - Dodol Nanas


Makanan Khas Jambi. Buah nanas merupakan komoditi unggulan dari Provinsi Jambi. Bahkan disuatu daerah yang berada di Jambi telah menjadi sentra perkebunan nanas yang cukup besar. Karena nanas merupakan buah yang mudah didapatkan saat berada di Jambi, dari situlah masyarakat Jambi mempunyai inisiatif untuk membuat makanan khas dari buah nanas.

Berkat ide masyarakat terlahirlah dodol nanas yang menjadi cemilan manis dan cocok disajikan kapanpun. Jika ingin mencoba mencicipi makanan ini sobat bisa berkunjung ke sentra perkebunan nanas yang berada di Tangkit, Kabupaten Muarojambi. Di sana Anda dapat langsung melihat perkebunan nanas yang cukup besar serta melihat berbagai macam olahan dari buah nanas salah satunya dodol nanas.

5. Dodol Kentang Kerinci, Cemilan Khas Jambi


Cemilan Khas Jambi - Dodol Kentang Kerinci
Makanan Khas Jambi - Dodol Kentang Kerinci


Makanan Khas Jambi. Sobat pernah dengar gunung kerinci?, jika belum tau berarti sobat belum ahli dalam bidang geografi, nggak nggak sob bercanda. Oke biar saya jelaskan Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera yang letaknya di Jambi. Di kaki Gunung Kerinci terdapat perkebunan kentang yang sangat luas dan mempunyai kualitas yang baik.

Sama halnya dengan dodol nanas, dodol dari kentang ini juga lahir karena ide masyarakat yang tingal di daerah Gunung Kerinci karena ingin memanfaatkan kentang menjadi lebih unik. Tapi sebelumnya sobat pernah nggak berfikir bahwa ada dodol yang terbuat dari kentang?, jika ada itupun paling cuma beberapa persen iya kan?.

Perbedaan dodol kentang dan dodol nanas khas jambi hanyalah dari varian rasanya, jika dodol nanas hanya memiliki rasa original dari buah nanas itu sendiri, sedangkan dodol kentang mempunyai varian rasa, dari mulai gula merah, durian, stroberi, dan nanas. Gimana sobat penasaran akan rasanya?, yang pasti rasanya tidak mengecewakan Anda dan ini sangat cocok dijadikan buah tangan untuk kerabat maupun relasi.

6. Gandus, Jajanan Khas Jambi


Jajanan Khas Jambi - Gandus
Jajanan Khas Jambi - Gandus


Makanan Khas Jambi. Jambi mempunyai beragam jenis kue yang enak. Termasuk kue gandus yang populer. Jika singgah ke Jambi rasanya tidak lengkap tanpa mencoba kue ini, salah satu kue yang terkenal di Provinsi Jambi adalah gandus. Karena berdekatan dengan Sumatra Selatan sehingga kue ini dikenal di dua tempat.

sobat pernah tahu talem ebi, yang warnanya putih seperti susu dan berbentuk bulat. Begitu juga gandus yang mempunyai tekstur kenyal serta halus, gandus terbuat dari campuran tepung beras, sagu, garam dan santan. Adonan ini diberi bumbu halus dari bawang putih, bawang merah dan cabai.

Agar makin enak, gandus diberi tambahan topping yaitu ebi sangrai, irisan cabai, daun seledri dan juga bawang goreng. Bisa juag menggunakan daging giling atau abon ikan. Rasanya gurih agak pedas dan mantap!. Yang pasti cocok deh buat sobat penggemar kue gurih dan pedas, apalagi kue ini mudah didapatkan di jambi karena citarasanya yang tak tergantikan. Saya jamin ketagihan setelah sobat makan kue ini.

7. Sup Tulang, Makanan Khas Jambi


Makanan Khas Jambi - Sup Tulang
Makanan Khas Jambi - Sup Tulang


Makanan Khas Jambi. Pernahkah sobat menyantap sup iga? Kalau sudah, maka sobat bisa membayangkan bagaimana rasa dari sup tulang khas jambi ini. Sup tulang ini mempunyai rasa yang hampir sama dengan sup iga. Hanya saja sup tulang punya Jambi ini mempunyai rasa tersendiri yang gurih dan unik.

Jika Anda membayangkan, apa yang mau dinikmati, kan cuma ada tulang dan sup saja?, tenang sobat, meskipun namanya sup tulang. Anda tetap bisa menikmati daging yang masih melekat pada tulang yang disajikan tersebutw. Aroma kaldu sapi yang menggoda akan langsung tercium aromanya ketika sup tulang ini sudah dihidangkan. Apalagi saat musim hujan, sup tulang menjadi menu makanan yang selalu dicari oleh banyak orang.

8. Nasi Gemuk, Makanan Khas Jambi


Makanan Khas Jambi - Nasi Gemuk
Makanan Khas Jambi - Nasi Gemuk


Makanan Khas Jambi. Makanan yang satu ini sangat unik sekali, di Kota Jambi terdapat makanan khas yang bernama agak aneh yaitu nasi gemuk. Coba bayangkan apa ada nasi yang gemuk?, apa efek sesudah makan nasi tersebut kita bisa menjadi gemuk?, jangan usah terlalu dipikirin sobat entar malah baper hehehe.

Nasi gemuk adalah nasi yang dikukus dengan santan kelapa. Jika Jawa mempunyai nasi uduk, maka Sumatra khususnya Jambi memiliki nasi gemuk. Tampilan nasi gemuk dan nasi uduk memang benar benar hampir sama. Nasi gemuk juga bisa dijadikan solusi untuk mengganjal perut saat pagi hari, sama dengan nasi uduk.

Nasi gemuk ini juga dikenal di Negara Malaysia dan Negara Singapura, hanya saja sebutannya berbeda yaitu nasi lemak. Makanan khas yang lezat ini bisa kita temukan diwarung-warung sekitar jambi harganya pun sangatlah bersahabat cukup dengan kocek sebesar 4 ribu hingga 6 ribu rupiah, sobat bisa menikmati lezatnya nasi gemuk ini.

9. Daging Masak Hitam, Makanan Khas Jambi


Makanan Khas Jambi - Daging Masak Hitam
Makanan Khas Jambi - Daging Masak Hitam


Makanan Khas Jambi. Daging masak itam merupakan olahan daging sebagai lauk sebagai pelengkap nasi. Tampilanya hamper sama dengan semur betawi yang mempunyai kuah hitam pekat dan rasa yang manis serta gurih menjadikan kelezatanya tak bisa dibayangkan hanya dengan angan-angan, sobat wajib coba langsung kelezatanya di Kota Jambi.

Pati ketagihan ketika Anda mecicipina, karena selain rasanya yang lezat, tekstur daging yang begitu lembut juga menghiasi kenikmatan dari daging masak itam ini. Ditambah juga resapan bumbu dan kecap manis yang pas hingga masuk kedalam daging membuat semakin lengkapnya kenikmatan makanan ini.

10. Mie Celor, Makanan Khas Jambi


Makanan Khas Jambi - Mie Celor
Makanan Khas Jambi - Mie Celor


Jika sobat merasa janggal dengan namanya, maaf ya sobat memang ini nama dari makanan khas Jambi yang berbahan dasar mie. Saya yakin mungkin sobat berfikir “apa itu nggak salah ya penulisanya?" kok “Celor" nggak “Telor?". Mie celor merupakan makanan khas Jambi yang terbuat dari adonan tepung terigu dan campuran sayur seperti sop dan tauge.

Mie celor dapat ditemukan di sepanjang jalan yang ada di Jambi, seperti halnya mie ayam yang sering sobat temukan dijalan-jalan sekitar daerah sobat. Memakan satu porsi saja dijamin sobat langsung kenyang, selain itu mampu menambah stamina tubuh karena kuahnya menyegakan.

Satu yang khas dari mie celor adalah aroma dari rempah yang sangat kuat, dari aroma nya itu daya pikat terhadap mie celor bertambah. Mie celor juga selain terkenal di daerah Bengkulu, juga terkenal di daerah Palembang dan Padang. Hanya saja mie celor khas Jambi kuahnya tidak terlalu kental layaknya mi celor palembang dan mie celor padang.

11. Rambutan Goreng, Makanan Khas Jambi


Makanan Khas Jambi - Rambutan Goreng
Makanan Khas Jambi - Rambutan Goreng


Makanan Khas Jambi. Buah apa yang banyak rambutnya, hayo? pasti sekalian pasti tak asing dengan buah yang satu ini!, ya betul sekali buah rambutan tentunya. Selain rasanya yang manis buah rambutan mudah didapatkan di pasar-pasar terdekat.

Namun di Jambi buah pengolaan buah rambutan lebih berkembang, bagaimana mungkin rambutan yang biasanya kita makan langsung beserta airnya yang menyegarkan dapat dijadikan cemilan berupa gorengan dari buah rambutan.

Proses pengelolahanya sama dengan seperti pembuatan nanas goreng. Yang dipakai hanya daging buah saja tanpa kulitnya. Sebelum digoreng daging rambutan dibiarkan beberapa saat sampai benar benar kering, kemudian baru dipadukan bumbu spesial dan langsung digoreng.

Demikian Artikel mengenai tentang Makanan Khas Jambi yang kami sampaikan. Semoga Anda yang membaca mendapatkan wawasan baru dan jangan lupa di share ilmu nya agar bermanfaat bagi kita semua. Sampai bertemu kembali di Artikel kami lainnya. Salam Pecinta Ilmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Makanan Khas Jambi yang Populer Dijamin Bikin Kamu Ketagihan!"

Post a Comment