21 Makanan Khas Jawa Barat yang Terkenal dan Terlezat ! | SUMBER INSPIRATIVE

21 Makanan Khas Jawa Barat yang Terkenal dan Terlezat !


21 Makanan Khas Jawa Barat yang Terkenal dan Terlezat. Sekarang kita akan membahas beberapa makanan di Propinsi Jawa Barat. Kalian pastinya tahu mengenai tentang Jawa Barat, Jawa Barat merupakan salah satu kota yang menjadi pusat kuliner di Indonesia. Di Jawa Barat terdapat banyak makanan Khas yang akan memanjakan lidah para penikmatnya.

Jika kalian pergi berlibur ke Jawa Barat jangan lupa untuk mengunjungi dan menikmati makanan-makanan khas dari Jawa Barat tersebut. Apa saja makanan khas dari Jawa Barat ? Oke langsung saja ke topic nya. Beberapa makanan khas dari Jawa Barat yang Terkenal.

1. Nasi Lengko, Makanan Khas Jawa Barat.

Nasi Lengko Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Nasi Lengko


Makanan Khas Jawa Barat. Tentang nasi lengko, Nasi lengko merupakan olahan yang disatukan antara nasi dengan isian salah satunya sayuran dan gorengan, seperti tahu dan tempe goreng, serta daun kucai, mentimun, dan tauge. Dengan tamabahan lagi taburan saos kacang yang mempunyai rasa yang sangat enak, dan yang pastinya akan menggoyang lidah para penikmatnya.

Untuk para pecinta makanan pedas Nasi Lengko juga bisa di padukan dengan paduan cabai yang akan memberikan rasa pedas. Selain itu lebih enak lagi jika ditambahkan taburan daun goring. Belum lagi dengan diberikan sayuran Nasi Lengko akan lebih terasa nikmat.

2. Tapai Ketan, Makanan Khas Jawa Barat

Tapai Ketan Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Tapai Ketan


Cemilan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat. Kita lanjukan ke Tapai keten, Tapai Ketan diolah dengan cara difermentasi. Tapai Ketan ini berasal dari Kuningan. Bahan dasar dai pembuatan Tapi ketan ini menggunakan Beras Ketan baik menggunakan Ketan yang putih maupun yang hitam, apapun berasnya yang pasti rasanya bakalan sama dan akan membuat anda ketagihan.

Olahan Ketan ini biasanya akan diwarnai menggunakan daun katuk agar memiliki warna hajau yang alami dan membuat penampilan menarik. Sedangkan dengan bungkusnya kerap kali memakai daun pisang dan daun jambu, tapi sering kali pembuat Tapai Ketann menggunkan daun pisang.

3. Tahu Kuningan, Makanan Khas Jawa Barat

Tahu Kuningan Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Tahu Kuningan


Masakan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat. Makanan Khas Jawa Barat yang satu ini namanya adalah Tahu Kuningan dan sesuai dengan namanya ini tahu kuningan berasal dari Kuningan juga Tahu Kuningan ini akan lebih enak dan akan terasa sedap bila disatukan dengan cabai bahkan bisa sambal.

Anda pastinya sudah tahu kan apa itu Tahu, Tahu yang terbuat dari olahan kedelai dengan fermentasi, tapi yang membuat beda dengan tahu Kuningan adalah kalau tahu kuningan itu betuknya yang padat dan rasanya yang gurih dan yang akan membuat lidah para penyicipnya ketagihan.

4. Mie Kocok, Makanan Khas Jawa Barat

Mie Kocok Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Mie Kocok


Masakan Tradisional Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat. Nama mie kocok mungkin makanan ini tidak setenar dengan mie ayam dan mie-mie yang lainnya. Namun popularitas Mie Kocok ini jangan diragukan lagi rasanya, karena bahan dasar mie ini dicampur dengan telur akan menambah sensasi rasa yang berbeda .

Dalam Mie Kocokk tersebut dalam satu porsinya bisa dimasukan dengan Mie, Sawi, Telur dan lain-lain. Semakin banyak peminatnya sekarang Mie Kocok sudah diinovasi dengan adanya penambahan Bakso dan Daging yang membuatnya sama dengan Mie Ayam atau Mie Bakso, hanya kuah dan tambahan telurnya yang membedakanya.

Dalam porsi spesialnya Mie Kocok kaya akan kandungan Gizinya, selain terdapat sayur yang banyak vitaminnya, kebutuhan proteinnya juga didapat dari daging. Masakan khas Jawa Barat ini layak untuk dicoba karena rasanya yang gurih dan enak, serta biaya yang dikeluarkan untuk membelinya tidak terlalu mahal.

5. Nasi Jamblang Daun Jati, Makanan Khas Jawa Barat

Nasi Jamblang Daun Jati Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Nasi Jamblang Daun Jati


Makanan Tradisional Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat. Mengenai nasi jamblang, sebenarnya olahan ini dibuat dengan nasi biasa yang didalamnya ditambahkan lauk, penyajianya menggunakan daun jati. Namun ada cerita dibalik lahirnya makanan dari kota Cirebon ini. yakni dimulai ketika Belanda memerintahkan pembuatan jalan raya di Anyer-Panarukan.

Pada zaman penjajahan Belanda warga desa Jamblang menghidangkan nasi yang dibungkus dengan daun jati. Dulunya lauk nasi jamblang hanya tempe dan sayuran saja, tapi sekarang semakin bertambahnya ilmu, Nasi Jamblang memiliki perubahan dan sekarang sudah ada banyak lauk sekitar 40 lauk yang bisa dipilih.

Dalam satu porsinya nasi jamblang menggunakan sedikit Nasi dan akan ditumpuk dengan berbagai lauk. Yang membuat sensasinya berbeda adalah ditambahkanya daun jati untuk pembungkusnya sehinga dapat menciptakan aroma dan rasa yang khas terhadap nasi.

6. Lepet Kuningan, Makanan Khas Jawa Barat

Lepet Kuningan Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Lepet Kuningan


Masakan Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat. Nama lepet sudah terkenal di wilayah Jawa, karena makanan ini biasa dihidangkan pada saat Idul Fitri dan Idul Adha. Salah satu lepet adalah lepet Kuningan dengan warna yang sedikit kecoklatan, berbeda dengan lepet yang lain yang biasnya agak menguning warnanya.

Seperti Lepet pada umumnya, Lepet Kuningan ini dibuat dengan ketan putih yang dilapisi dengan daun kelapa. Bungkus tersebut akan diikat agar nantinya ketan yang ada didalamnya tidak berserakan.

Lepet Kuningan ini biasanya diisi dengan kacang dan sebelumnya itu ketan akan dicampur dengan parutan kelapa. Untuk rasa Lepet Kuningan ini sama dengan Lepet pada umumnya yakni dengan rasa gurih, begitu pula Lepet yang lainya.

7. Makaroni Panggang, Makanan Khas Jawa Barat

Makaroni Panggang Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Makroni Panggang


daftar makanan khas jawa barat

Makanan Khas Jawa Barat. Makaroni di Indonesia adalah makanan yang cocok untuk cemilan saat kondisi apapun, Makaroni di Nusantara sudah banyak yang mengenal bahkan tidak hanya di Jawa Barat saja melainkan di Jawa-jawa yang lain juga ada yang namanya Makaroni, akan tetapi berbeda dengan makanan asli Kota Bogor ini, karena di Bogor macaroni di sajikan dengan cara di panggang.

Pada Makaroni panggang, ukuran macaroni ini lebih panjang dibandingkan dengan macaroni yang lainya. Selain itu kuliner ini dibuat beda dengan macaroni yang lain karena dihidangkan dengan ditambahkan keju untuk menambah rasa ngurih pada makaroni tersebut.

8. Karedok, Makanan Khas Jawa Barat

Karedok Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Karedok


makanan daerah jawa barat

Makanan Khas Jawa Barat. Makanan khas Jawa Barat ini merupakan makanan dengan bahan-bahan sayuran segar yang dihidangkan dengan siraman bumbu kacang. Makanan Karedok ini hampir sama dengan makanan yang banyak diketahui dengan nama Gado-gado atau pecel, tetapi perbedaannya terdapat pada penyajian sayurnya yang disajikan dengan sayuran mentah.

Sayuran yang dibutuhkan untuk Karedok adalah , daun kemangi, kacang panjang, kol, terong, dan tauge. Semuanya dipotong kecil-kecil dan dihidangkan dengan keadaan mentah, walaupun dihidangkan dengan keadaan mentah rasanya tetap lezat karena dengan ditambahkan bumbu-bumbu kacang yang menimbulkan rasa pedas.

9. Dorokdok, Makanan Khas Jawa Barat

Dorokdok Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Dorokdok


nama makanan khas jawa barat

Makanan Khas Jawa Barat. Makanan  yang satu ini merupakan makanan yang berasal dari kota Garut. Mungkin banyak yang membuat persepsi bahwa ketika kita mendengar nama Garut yang terlintas dipikiran kita adalah Dodol, padahal masih ada Derokdok yang tidak kalah enaknya dengan Dodol. Derokdok ini dibuat dengan menggunakan kulit sapi.

Penamaan Derokdok sendiri diberikan karena suara yang muncul ketika kita memakan Derokdok, yaitu akan mengeluarkan suara “Dorok Dok Dorok Dok" suara tersebut keluar karena renyahnya krupuk dengan bentuk memanjang ini.

Yang membuat olahan khas garut ini unik yaitu bahan yang digunakan itu akan mempengaruhi rasa yang didapat. Misalnya, ketika kita membuat dengan menggunakan kulit sapi, rasa yang akan muncul adalah renyah dan gurih. Sedangkan saat membuat dengan kulit kerbau rasa yang dimunculkan adalah manis dan gurih.

10. Dodol Garut, Makanan Khas Jawa Barat

Dodol Garut Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Dodol Garut


kue khas jawa barat

Makanan Khas Jawa Barat. Makanan yang satu ini sudah terkenal di Indonesia. Makanan dengan memiliki bentuk yang memanjang dengan tekstur yang lembut dan dengan rasa yang manis. Walaupun mirip dengan Jenang Kudus namun Dodol memiliki tekstur yang lebih kering. Dan pengemasanya juga berbeda, kalau Dodol dibungkus dengan dibentuk kotak, sedangkan Jenang dibungkus dengan dibentuk seperti tabung.

Dodol dibuat dengan menggunakan tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah, itu adalah rasa yang original dari makanan tersebut. Sekarang rasa dari Dodol tersebut sudah bervariasi ada banyak rasa yang dibuat oleh para produsen untuk membuat Dodol semakin berkembang.

Untuk merasakan Dodol ini tidak sulit untuk menemukan karena Dodol akan banyak dijumpai diberbagai daerah.

11. Chocodot, Makanan Khas Jawa Barat

Chocodot Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Chocodot


jajanan khas jawa barat

Makanan Khas Jawa Barat. Chocodot merupakan olahan yang dibuat lewat perpaduan antara Coklat dan Dodol. Makanan ini bisa dibilang unik karena ditemukan tidak sengaja karana pada saat itu si pembuat tidak sengaja menjatuhkan dodol ke Coklat, dan Si pembuat mencoba ternyata rasanya enak, jadilah Chocodot.

Bentuk dari makanan ini adalah bulat mirp dengan bakpao, namun agak kecil dengan berbagai macam rasa yang sangat beranekaragam. Selain coklat chocodot jugamemilikia banyak rasa pahit, cokelat susu, dan ada cokelat dengan tekstur lembut di mulut. Dan banyak anak muda yang menyebutnya dengan nama Coklat Anti Galau, bahkan masih banyak lagi sebutan untuk makanan ini.

12. Doclang, Makanan Khas Jawa Barat

Donclang Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Donclang


cemilan khas sunda

Makanan Khas Jawa Barat. Donclang merupakan makanan dari ketupat, tahu, kentang, serta ada dicampurkan dengan bumbu kacang megitarinya. Makanan ini hampir mirip dengan makanan Jakarta yaitu Ketoprak maupun kupat tahu Bandung. Yang menjadi pembedanya yaitu dari pembungkusnya yang sedikit berbeda. Akan tetapi untuk rasa agak sedikit mirip.

13. Asinan Bogor, Makanan Khas Jawa Barat

Asinan Bogor Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Asinan Bogor


makanan indonesia

Makanan Khas Jawa Barat. Ciri khas dari asinan ini adalah dubat dari kuah cabai merah, dan dari inilah warna dari asinan bogor memerah dan pastinya akan memberikan rasa yang sangat pedas. Dalam satu porsinya selain dengan adanya rasa pedas tersebut diberikan pula dengan adanya potongan sayuranatau buah-buahan.

Asinan bogor memiliki tiga macam varian yaitu asinan buah, asinan sayuran, dan asinan buah dan sayuran. Untuk sayuran sering digunakan yaitu dengan Taoge dan Kol yang nantinya akan dipotong kecil-kecil. Sedangkan untuk buahnya seringmenggunakan buah tropis, seperti bengkuang, jambu, salak, dan nanas.

Jika semuanya sudah seleasai dibuat maka setelah itu masukkan buah atau sayuran kedalam kuah yang juga sudah kita buat tersebut. Untuk mendapatkan makanan ini Anda haru membeli dengan Harga satuan asinan ini 10 ribu sampai 15 ribuan.

14. Toege Goreng, Makanan Khas Jawa Barat

Touge Goreng Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Touge Goreng


masakan dari jawa barat

Makanan Khas Jawa Barat. Dari namanya mungkin Anda sudah mengira kalau makanan ini terbuat dari toege yang digoreng. Namun ternyata itu hanya namanya saja, karena sebenarnya Toege itu dibuat dengan cara di rebus. Nama goreng tersebut dilontarkan karena dari cara merebusnya menggunakan wajan penggorengan.

Dalam pembuatan kuah oncom menggunakan oncom dengan tambahan tauco dan ditambahkan rempah-rempah yang lain. Biasanya penjual akan membuat kuah ini terlebih dahulu, sedangkan untuk Mie dan Toegenya biasanya dibuat saat jika memiliki pesanan.

15. Lontong Kari, Makanan Khas Jawa Barat

Lontong Kari Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Lontong Kari


cemilan khas jawa barat

Makanan Khas Jawa Barat. Berbicara mengenai Lontong, biasanya bumbu yang sering kita temukan dan juga terdapat bumbu kacang, namun untuk kuahnya adalah kari. Sebenarnya makanan ini hampir sama dengan Lontong pada umumnya namun karena adanya kari itulah yang membuat makanan khas Jawa Barat ini menjadi berbeda dengan Lontong lainya.

Adanya kari juga menambah rasa gurih dan lebih enak dihidangkan dengan aroma dagingnya yang sedap. Ada dua jenis daging yang digunakan membuat karinya yaitu daging sapi dan daging ayam. Dalam satu porsinya terdapat telur rebus dan ditambahkan dengan kedelai goreng dan juga bawang goreng.

Tapi tidak lengkap tanpa adanya teman makanan Lontong tersebut, yaitu krupuk yang akan membuat sensasi saat makan itu semakin nikmat dan semakin gurih, makanan ini sudah sangat popular di Kabupaten Bandung dan sekarang sudah banyak yagng menjual makanan ini tempat-tempat tertentu.

16. Soto Kuning, Makanan Khas Jawa Barat

Soto Kuning Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Soto Kuning


makanan khas daerah sunda

Makanan Khas Jawa Barat. Makanan khas yang selanjutnya yaitu soto , soto ini berwarna kuning dengan bahan pembuatan kuahnya menggunakan kunyit. Makanan ini berasal dari Kota Bogor yang akan dihidangkan dengan berbagai macam daging untuk pelengkapnya mulai dari daging sapi, daging ayam, limpa maupun babat.

Semua daging tersebut memiliki tekstur yang lembut dimulut serta dengan campuran kuah soto dengan rasa kunyit yang akan membuat sensasi makanan semakin nikmat. Soto kuning masih kurang lengkap kalau tanpa adanya nasi hangat, jangan lupa tambahkan pula sambal agar makanan akan terasa terus digoyang dengan rasa nikmatnya.

17. Tahu Gejrot, Makanan Khas Jawa Barat

Tahu Gejrot Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Tahu Gejrot


makanan tradisional khas sunda

Makanan Khas Jawa Barat. Tahu Gejrot merupakan makan sederhana dar Jawa Barat namun mempunyai olahan yang sangat nikmat. Makanan dari daerah Cirebon ini dibuat dari bahan dasarnya tahu goreng dengan tekstur yang lebih berisi.

Dalam penyajianya kurang lengkap jika tidak adanya kuah asam pedas berbahan cabai rawit. Unuk memudahkan para konsumen biasanya Tahu Gejrot biasanya akn dihidangkan dengan dipotong terlebih dahulu dan agar bumbunya lebih meresap. Rasa yang akan diperoleh saat mengkonsumsi Tahu Gejrot ini manis guris pedas yang akan terasa dimulut.

18. Surabi, Makanan Khas Jawa Barat

Surabi Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Surabi


resep masakan khas sunda

Makanan Khas Jawa Barat. Serabi atau surabi adalah makanan yang sudah merata di Jawa Barat bisa dikatakan makanan ini adalah khas dari sunda dengan cara pembuatanya dari bahan tepung beras dan dimasak dengan cara yang masih tradisional akan  membuat makanan lebih terasa nikmat.

Penampilan serabi sendiri mempunyai bentuk yang bulat dengan tekstur empuk sehingga akan ada rasa legit dan empuk saat makanan tersebut berada didalam mulut, belum lagi ada banyak surabi yang tidak hanya terbuat dari gula dan kelapa saja karena surabi banyak macam rasanya yang pastinya akan lebih memanjakan lidah penikmatnya.

Dahulu serabi tidak memiliki isian apapun, namun sekarang Surabi lebih banyak isianya seperti kornet, ayam, dan telur. Selain menambah cita rasa dari berbagai isi dalam serabi tersebut maka kandungan gizi juga akan diperoleh oleh konsumen saat memakan Surabi tersebut, tak jarang banyak yang tidak suka dengan adanya isian di makanan Surabi tersebut, semuanya kembali ke penikmatnya.

19. Tahu Sumedang, Makanan Khas Jawa Barat

Tahu Sumedang Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Tahu Sumedang


makanan khas daerah di indonesia

Makanan Khas Jawa Barat. Makanan yang selanjutnya adalah salah satu makanan atau cemilan yang terkenal, sesuai dengan namanya tahu ini berasal dari Sumedang Jawa Barat. Bahan utama Tahu Sumedang sendiri hampir sama dengan tahu-tahu yang lain,yaitu dengan bahan kedelai yang kaya akan protein.

Dari kandungan yang dihasilkan dari tahu yang kaya akan kandungan ini, Tahu Sumedang akan sangat menyehatkan buat kalangan masyarakat, baik orang tua, remaja, maupun anak-anak. Ciri-ciri Tahu Sumedang punya bentuk kotak kecil dengan isian yang kosong.

Yang membuat makanan ini istimewa yaitu rasanya yang gurih dan lembut dimulut, dan akan menambah rasa nikmat jika ditambahkan dengan saus yang pedas rasanya akan terasa enak dan semakin nikmat dimulut sampai-sampai yang makanya akan ketagihan.

20. Batagor, Makanan Khas Jawa Barat

Batagor Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat -  Batagor


Makanan Khas Jawa Barat. Batagor adalah salah satu makanan yang sudah sering terdengar di telinga masyarakat Indonesia, makanan ini awal mulanya bukan dari Indinoseia melainkan makanan yang dijadikan dari perpaduan antara Indonesia dan Tionghoa, namun karena makanan ini diopsi sedimikian rupa maka makanan ini diadopsi oleh Suku Sunda, dan tergolong makanan khas Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya makanan ini di buat dengan cara digoreng dengan isian tahu dan bakso plus bumbu kacang yang akan membuat varian rasanya akan berbeda, makanan ini condong ke rasa gurih, tapi, ada pula yang membuatnya dengan rasa pedas, tidak masalah karena semua rasa yang dipadukan tidak akan merubah rasa asli dari Batagor tersebut.

21. Cireng, Makanan Khas Jawa Barat

Cireng Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat - Cireng


Jajanan Khas Sunda

Makanan Khas Jawa Barat. Cireng atau aci digoreng adalah makanan dengan bahan utama pembuatannya berupa tepung kanji dengan pemasakan dengan cara digoreng. Dalam adonan tepung kanji ini nantinya akan dicampur dengan terigu, garam, merica bubuk, bawang putih, daun bawang, kedelai, air, dan dimasak dengan minyak goreng.

Semua adonan tersebut nantinya akan dibentuk menjadi bulat atau sesuai keinginan dan biasa dimakan menggunakan bumbu kacang atau saus. Untuk urusan rasa, originalnya akan terasa gurih, namun karena lambat laun banyak produsen berinovasi, muncul pulalah rasa yang beragam dengan isian yang lebih variatif.

Aneka rasa seperti sosis, daging ayam, kornet, abon, keju, daging sapi, hingga teriyaki kerap menjadi perasa dari cireng. Selain inovasi rasa, inovasi bentuk juga mulai banyak ditemukan, jika cireng normalnya berbentuk bulat, maka sekarang bentuk seperti hati, kotak, segitga, hingga daun banyak dibuat.

Berkat rasa dan bentuk yang menarik itulah sekarang cireng yang asli Sunda mulai banyak yang menyukai cireng, termasuk pula penjualnya. Untuk itu, untuk bisa mendapatkan cireng, di kota besar seperti Bandung terdapat berpuluh-puluh penjual yang tersebar di pusat kota atau tempat wisata.

Demikian artikel yang kami sampaikan mengenai tentang beberapa makanan yang ada di Jawa Barat yang akan memanjakan lidah penikmatnya dan membuat oaring ketagihan ketika memakannya. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa di share ilmu nya.Salam Pecinta Ilmu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "21 Makanan Khas Jawa Barat yang Terkenal dan Terlezat !"

Post a Comment