Perangkat Keras Internet & Macam-Macam Perangkat Untuk Mengakses Jaringan Internet | SUMBER INSPIRATIVE

Perangkat Keras Internet & Macam-Macam Perangkat Untuk Mengakses Jaringan Internet


Perangkat Keras Internet & Macam-Macam Perangkat Untuk Mengakses Jaringan Internet




Perangkat Keras Internet & Macam-Macam Perangkat Untuk Mengakses Internet. Perangkat keras internet adalah perangkat yang memiliki fisik untuk mengakses internet. Setelah Anda mempunyai komputer tidak perlu banyak perangkat keras tambahan untuk mengakse Internet. Sebelum kita mengulas perangkat keras untuk mengakses internet, mari kita simak sebuah deskripsi yang menggambarkan perkembangan pengguna komputer di indonesia yang berpengaruh terhadap penggunaan perangkat keras jaringan komputer.

Pada tahun 2014 ini, jumlah pengguna internet atau internet user di Indonesia diperkirakan mencapai 107 juta users dan diproyeksikan pada tahun 2015 dapat mencapai 139 Juta Pengguna (Data statistic: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APPJI).Sebagian besar komputer dan Smarthphone disetting untuk memungkinkan Akses Internet. Bagian utama dari perangkat keras yang di butuhkan yaitu modem. Jenis akses internet yang dipilih akan menentukan jenis modem yang dibutuhkan nanti.


Perangkat keras  untuk mengakses jaringan internet


Teknologi perangkat keras internet sudah sangat berkembang, masih teringat dibenak kita saat menggunakan telkomnet instant yang hanya mempunyai kecepatan maksimal 56 kbps menggunakan modem telepon untuk akses dial-up  atau diistilahkan modem analog untuk mengakses internet, Sejak berpindahnya teknologi modem analog ke modem broadband merubah wajah Jaringan Komputer, dari kecepatan yang sangat lemot di speedup dengan kehadiran teknologi DSL.

layanan DSL menggunakan modem DSL menggunakan modem untuk mengakses internet, dan layanan satelit menggunakan adaptor satelit, jenis modem ini menggunakan adaptor satelit diantaranya: Teknologi modem GPRS, GSM, Modem CDMA, Modem HSDPA, UMTS, Wimax 4G (Baca Jenis-jenis modem)

Macam-macam Perangkat Keras Internet Dan Fungsinya


Dari deskripsi diatas, tentunya para pengguna internet membutuhkan jenis-jenis perangkat keras untuk bisa mengakses internet. Untuk memenuhi permintaan untuk koneksi ke Internet kita membutuhkan hardware tertentu, termasuk modem, Kartu jaringan  dan Perangakat Penyedia Layanan atau ISP (baca : Internet service Provider)

Macam-macam perangkat keras untuk mengakses jaringan internet  yang umum digunakan adalah:

1. MODEM TELEPON 

Modem Telepon


perangkat keras internet dan perangkat untuk mengakses jaringan internet. Perangkat keras internet dan perangkat untuk mengakses internet .Modem telepon adalah alat yang mengubah sinyal dari komputer menjadi serangkaian suara dan mengirimkan suara mereka di saluran telepon. Modem telepon di sisi lain dari koneksi mengubah suara ini kembali ke sinyal komputer bisa dimengerti, yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi.

2. NETWORK INTERFACE CARD (NIC)

Network Interface Card (NIC)

Koneksi broadband menyediakan akses lebih cepat ke internet daripada koneksi narrowband. Ada beberapa jenis dari koneksi broadband, termasuk ADSL, DSL, satelit, dan akses kabel.  Dari masing-masing jenis akses saling bertentangan menghubungkan ke Akses Point baik menggunakan koneksi Ethernet kabel atau koneksi nirkabel.

Sebuah kartu antarmuka jaringan (NIC) memungkinkan untuk dapat menghubungkan kabel Ethernet dari Akses Point ke komputer. Komunikasi ke Akses Point melewati perjalanan Koneksi kabel ini. Menggunakan NIC kabel ini mengharuskan penggunaan kabel Ethernet dihubungkan dari komputer ke access point setiap saat selama penggunaan internet.


3. WIRED ACCESS POINT


WIRED ACCESS POINT

Wired Acces Point adalah Perangkat yang menggunakan kabel sebagai media transmisi untuk menghubungkan akses ke internet, contohnya Komputer yang menggunakan NIC dan kabel Ethernet agar dapat terkoneksi ke access point. Akses poin secara umum baik router, modem kabel, atau DSL modem yang menyediakan link antara Internet service provider dan fisik komputer.

NIC-based connections merupakan salah satu perangkat keras internet yang sering digunakan dalam jaringan Komputer LAN (Jaringan area lokal), seperti grup komputer di Kantor-kantor perusahaan. hal Ini dapat pula digunakan di rumah, tetapi banyak pengguna lebih menukai menggunakan koneksi nirkabel karena tidak perlu ribet dengan keruwetan kabel.

3. WIRELESS WIRED ACCESS



WIRELESS WIRED ACCESS

Sebuah wireless access point adalah salah satu perangkat keras internet tanpa kabel yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan ke Akses Point tanpa menggunakan koneksi fisik. Akses nirkabel bisa dikonfigurasi di rumah a menggunakan router wireless dan komputer dengan antarmuka nirkabel. Antarmuka nirkabel bisa diinstal dalam komputer atau dibeli secara terpisah menggunakan USB atau perangkat PCI yang setiap saat bisa dipasang saat dibutuhkan.

Banyak perusahaan, seperti hotel dan toko-toko, Warung kopi, menyediakan perangkat keras Internet untuk ketersedian akses Internet gratis melalui perangkat nirkabel (Wifi) yang di instalasikan pada bangunan untuk kebutuhan penggunaan Akses internt bagi pelanggan mereka.

Demikian artikel yang kami sampaikan mengenai tentang Perangkat Keras Internet & Macam-Macam Perangkat Untuk Mengakses Jaringan Internet. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan jangan lupa untuk di share ilmunya agar lebuh bermanfaat. Salam Pecinta Ilmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perangkat Keras Internet & Macam-Macam Perangkat Untuk Mengakses Jaringan Internet"

Post a Comment