9 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah | SUMBER INSPIRATIVE

9 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah

9 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Apa Sih yang Jadi Penyebab Laptop Lemot?

9 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot. Ada beberapa faktor kenapa laptop lemot ataupun PC kamu menjadi lambat untuk digunakan. Nah, sebelum say kasih tahu cara buat laptop kamu cepat lagi, Saya akan ngasih tahu dulu nih geng apa aja penyebabnya.
Dengan tahu dasar permasalahannya, kamu dapat melakukan pencegahan agar di masa depan laptopmu tidak lemot lagi untuk digunakan!

1. Terlalu Banyak Startup Programs

cara mengatasi laptop lemot1
Beberapa aplikasi akan berjalan di background secara otomatis saat kamu mulai menghidupkan laptop kamu. Semakin banyak aplikasi yang berjalan otomatis saat booting, maka akan semakin lemot laptopmu.

2. Usia Harddisk yang Sudah Terlalu Tua

cara mengatasi laptop lemot2
Harddisk memang mempunyai keterbatasan usia. Jika sudah terlalu lama digunakan, maka hal tersebut juga akan mempengaruhi performa laptop secara komprehensif

3. Harddisk Penuh Hingga 95%

cara mengatasi laptop lemot3
Banyaknya data pada laptopmu juga mempunyai andil dalam lambatnya laptopmu. Ada seorang pakar yang menyatakan bahwa harddisk yang penuh hingga 95% akan memperlambat komputer sampai 50%.

4. Browser yang Terlalu Banyak Add-ons

cara mengatasi laptop lemot4
Mungkin kamu, secara sadar maupun tidak sadar, kerap menambahkan add-ons ke dalam browsermu. Telitilah dan hati-hati sebelum memasang add-ons karena beberapa di antara mereka dapat berpotensi untuk memperlambat laptopmu.

5. Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Dalam Satu Waktu

cara mengatasi laptop lemot5
Kerap sekali, kita membuka begitu banyak aplikasi dalam satu waktu. Istilahnya, multi-tasking. Walaupun kita menggunakan komputer untuk tujuan ini, ingatlah bahwa komputer juga mempuyai kapasitas dan keterbatasan RAM

6. Terlalu Banyak Browser Tabs yang Dibuka

cara mengatasi laptop lemot6
Percaya tidak percaya, saat membuka tab terlalu banyak di browser juga memakan banyak RAM laptopmu. Bahkan kalau situs yang sedang kamu buka mempunyai fitur auto-refreshing.

7. Komputermu Terkena Virus

cara mengatasi laptop lemot7
Kita semua tahu yang namanya virus komputer itu dapat memperlambat dan lemot bahkan merusak komputer/Laptop kita. Oleh karena itu, agar tetap hati-hati ketika ingin menerima file, baik secara online maupun offline.

8. Antivirus yang Terlalu Aktif

cara mengatasi laptop lemot8
Bagaimana cara mengatasi virus yang sudah terkena pada komputer/Laptop kita? Jelas instal aplikasi antivirus. Namun, antivirus yang terlalu aktif juga akan membuat komputermu menjadi lambat karena berjalan di background. Kamu dapat jadwalkan di waktu-waktu tertentu untuk melakukan scanning setiap kala.

9. RAM yang Kecil

cara mengatasi laptop lemot9
Besarnya kapasitas RAM yang kamu miliki juga menjadi salah satu faktor penting cepat lambatnya komputermu. Jika memungkinkan, cobalah diganti RAM-mu yang lama dengan RAM yang lebih besar.

10. Jarang Melakukan Update OS

Windows maupun MacOS secara rutin akan memupgrade sistem operasi mereka untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Jika kamu tidak pernah melakukan update, bisa jadi laptopmu terkena dampaknya dengan menjadi lambat.

Cara Mengatasi Laptop Lemot & Sering Hang

Lalu, bagaimana cara mengatasi  Laptop yang sering lemot? Enggak perlu bingung karena dibawah ini sudah terdapat cara mengatasi Laptop yang lemot!

1. Mengganti Hard Disk Dengan SSD

cara mengatasi laptop lemota
Salah satu hal yang membuat laptop lambat, yakni karena kecepatan data dari hard disk ke prosesor lambat. Untuk mengatasi hal ini, hendaknya kamu mengganti hard disk ke SSD.
Karena sudah banyak yang mencoba dan hasilnya prosess booting jauh lebih cepat dan laptop lebih rensponsif.

2. Melakukan Upgrade RAM

cara mengatasi laptop lemotb
Umumnya saat membeli laptop, masih banyak yang diberikan RAM 4GB atau bahkan 2GB. Sementara jika melihat kebutuhan software-software saat ini, kamu butuh RAM sebesar 8GB.
Untuk itu cara mengatasi laptop lemot selanjutnya yaitu dengan melakukan upgrade RAM minimal ke 8GB.

3. Melakukan Perawatan Hardware Rutin

cara mengatasi laptop lemotc
Sangat banyak orang yang mengabaikan cara ini. Ternyata agar bisa tetap ngebut, laptop perlu dilakukan perawatan. Setidaknya kamu harus melakukan ini minimal setiap setahun sekali.
Lakukan pembersihan mulai dari kipas, motherboard, sampai penggantian thermal paste.

4. Reset Atau Install Ulang Windows Bila Sudah Parah

cara mengatasi laptop lemotd
Salah satu penyebab laptop lemot, yaitu karena sistem Windows yang telah error/hang. Ini disebabkan pemakaian software yang tidak optimal atau tidak sebagai mana penggunaaanya.
Bila sudah terlalu parah lemotnya, maka yang harus dilakukan ialah mereset atau install ulang Windows bisa jadi cara mengatasi laptop lemot.

5. Memakai Sistem Operasi Yang Ringan

cara mengatasi laptop lemote
Salah satu yang sangat menentukan performa laptop adalah sistem operasi yang digunakan. Windows memang sangat produktif. Jika laptop kamu punya spesifikasi yang yang sesuai dari pabriknya, sebaiknya beralih ke Linux seperti Endless OS.

6. Rutin Melakukan Full Scan Dengan Antivirus

cara mengatasi laptop lemotf
Hal paling umum yang menjadikan laptopmu lambat, yaitu karena virus. Virus membuat laptop bekerja ekstra, sehingga saat kamu sedang butuh laptop jadi terasa lambat.
Jadi cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah rutin melakukan full scan menggunakan antivirus.

7. Uninstall Terhadap Software Yang Tidak Perlu

cara mengatasi laptop lemotg
Ketika saat menggunakan laptop, Saya yakin teman-teman akan menginstall banyak software. Dan kenyataannya, banyak dari software tersebut sebenarnya nggak teman-teman gunakan dan menjadikan software-software tersebut menyebabkan laptop Anda menjadi lambat.
Untuk itu supaya laptop bisa berjalan lagi dengan optimal, lakukan uninstall terhadap software-software yang tidak digunakan tersebut.

8. Memakai Software Versi Lama

cara mengatasi laptop lemoth
Saya akui pasti Anda semakin update sebuah software di laptop, maka umumnya fiturnya akan semakin banyak. Tapi perlu kamu ingat, fitur tersebut belum pasti kamu gunakan.
Yang pasti, yaitu software tersebut semakin berat. Untuk itu, menginstall software versi lamadapat menjadi solusi untuk laptop Anda yang lemot.

9. Pakai Software Untuk Mempercepat Kinerja

cara mengatasi laptop lemoti
Seperti saya katakan sebelum ini, karena pemakai yang tidak optimal dapat menyebabkan Windows itu menjadi lambat. Untuk itu supaya penggunaaan kamu optimal, kamu dapat menginstall software-software untuk mensupport kinerja sebagai cara mengatasi laptop lemot.Contohnya Ccleaner,dll.
Demikian penjelasan tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot. Semoga bisa bermanfaat dan bisa share ilmunya. Salam Pecinta Ilmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah"

Post a Comment