Perbedaan Pengertian Peer To Peer dan Jaringan Client Server pada Konsep Jaringan Komputer | SUMBER INSPIRATIVE

Perbedaan Pengertian Peer To Peer dan Jaringan Client Server pada Konsep Jaringan Komputer


Perbedaan Pengertian Jaringan Client Server Dan Peer To Peer pada Konsep Jaringan Komputer


Perbedaan Pengertian Peer To Peer dan Jaringan Client Server pada Konsep Jaringan Komputer


Jika Anda cukup lama bersama dengan pekerjan menggunakan komputer, cepat atau lambat Anda akan mendengar istilah “client / server” dan “peer-to-peer,” atau biasa disingkat dengan P2P. Istilah-istilah ini mungkin tampak aneh pada awalnya, tetapi masing-masing kedua istilah ini menggambarkan arsitektur jaringan komputer tertentu, dan setiap arsitektur jaringn lebih cocok untuk macam usaha tertentu. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan lebih luas lagi tentang perbedaan jaringan client server dan peer to peer.

Pengertian Jaringan Peer To Peer

Pengertian jaringan peer to peer adalah model komunikasi desentralisasi di mana masing-masing pihak mempunyai kemampuan yang sama dan salah satu pihak dapat memulai sesi komunikasi.

Berbeda dengan model client / server, di mana klien membuat permintaan layanan dan server memenuhi permintaan, model jaringan peer to peer memungkinkan setiap node digunakan dengan  baik sebagai client dan server.

Sistem P2P dapat difungsikan untuk menyediakan routing lalu lintas jaringan yang anonim, lingkungan komputasi paralel besar-besaran, penyimpanan didistribusikan dan fungsi lainnya. Kebanyakan program P2P difokuskan pada media sharing dan P2P karena itu sering dihubungkan dengan pembajakan perangkat lunak dan pelanggaran hak cipta.


Perbedaan Jaringan peer to peer dan client server

Ada perbedaan antara client server dan jaringan peer-to-peer. Pada jaringan peer-to-peer tidak mempunyai server pusat. Setiap workstation pada jaringan dalam hal berbagi file mempunyai kedudukan yang sama dengan worksatation yang lain, tidak ada pusat penyimpanan atau otentikasi pengguna.

Sebaliknya, dalam jaringan client / server ada dedicated server terpisah dengan computer klien. Melalui workstation klien, pengguna bisa mengakses file, yang umumnya disimpan pada computer server. Server juga akan memilih pengguna untuk dapat mengakses file pada jaringan komputer.

Perbedaan jaringan client server dan peer to peer dari segi jumlah workstation/pengguna dan jangkaun relative sedikit dan sempit, Peer-to-peer biasanya dihubungkan hanya beberapa workstation saja dan hanya dipasang di rumah-rumah atau dalam kantor atau unit usaha yang sangat kecil di mana karyawan berinterasi secara teratur.

Biaya pemasangan cukup murah, aka tetapi disisi keamana ndata relatif tidak aman. Di sisi lain, jaringan client server merupakan kebutuhan jaringan komputer skala besar dan dapat menghubungkan jutaan pengguna dan sistem keamanan yang rumit. Maka dari itu tentu kita sudah membayangkan kekurangan jaringan client / server karena membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Perbedaan jaringan client server dan peer to peer berdasarkan segi manfaat dan Keamanan data

Kekurangan jaringan peer to peer, jaringan hanya cocok untuk usaha kecil atau untuk difungsikan di rumah atau kantor kecil saja. Sebuah jaringan peer-to-peer hanya bisa mendukung sekitar sepuluh klien (workstation) dan seringkali menemukan masalah kinerja dan manajemen serius.

Biasanya, jaringan kumpulan klien peer-to-peer berfungsi dengan baik menggunakan sistem operasi Windows NT Workstation atau Windows 98 sampai pada generasi windows terkini .Konsep keuntungan dan kelebihan jaringan peer to peer merupakan untuk berbagi file dan printer dengan biaya semurah mungkin, maka dari itu, tidak ada server utama pada jaringan peer to peer.

Sebaliknya, masing-masing workstation dapat berfungsi sebagai klien sekalian dapat berfungsi sebagai server secara bersamaan. Karena pengguna yang diizinkan untuk mengontrol akses ke sumber daya pada komputer mereka sendiri, akan tetapi, keamanan menjadi sangat berisiko dalam lingkungan peer-to-peer.

Untuk hal ini tidak ada keamanan secara terpusat yang mengontrol dalam hal berbagi data. Pengguna ini bebas untuk menciptakan berbagi poin pada jaringan komputer mereka. Satu-satunya keamanan pada jaringan peer-to-peer merupakan pada personalisasi pengguna.

Ketika pengguna membuat jaringan untuk berbagi, mereka dapat menerapkan keamanan secara personal, hal ini berarti bahwa setiap orang dapat mempunyai akses penuh pada unit workstation yang digunakannya, atau mereka dapat menetapkan password untuk berbagi.

Tergantung pada platform jaringan difungsikan pengguna mungkin dapat menetapkan satu password akses read-only dan password lain untuk kontrol penuh diantara pengguna. Walaupun pengaturan ini mungkin terdengar agak aman. Komputer yang berisi sumber daya bersama ini tidak dapat memeriksa siapa yang mencoba untuk mengakses sumber daya. Inilah alasan utama kekurangan jaringan peer to peer karena setiap pengguna bisa mengaksesnya asalkan pengguna mengetahui password.

Pengertian jaringan client server

Pegertian Jaringan Client / Server adalah model komunikasi yang  dimana beberapa program client berbagi jasa program server secara umum. Sebagai contoh, perangkat komputasi browser Web merupakan program klien yang meminta jasa dari server WhatIs.com (secara teknis disebut server HTTP) sehingga Anda bisa membaca halaman web jaringankomputer.org ini.

Konsep jaringan Client Server hampir tak terbatas, dan semua workstation dari mereka mempunyai beberapa kesamaan dalam satu hal, kelebihannnya semua mempunyai database keamanan secara terpusat yang mengontrol akses ke sumber daya bersama yang tersimpan pada server.

Dalam Sistem Operasi Windows, server biasanya berjalan dengan NetWare, Windows NT, atau salah satu produk dari Windows Server 2000. Server berisi daftar username dan password. Pengguna tidak bisa log on ke jaringan kecuali mereka menyiapkan username dan password yang valid ke server.

Setelah login, pengguna hanya bisa mengakses sumber daya yang sudah diizinkan oleh administrator jaringan. Perbedaan jaringan client server dan peer to peer dari segi kelebihan jaringan client / server dari segi keamanan data karena mempunyai proteksi dan sistem keamanan jaringan lebih dibanding pada jaringan peer-to-peer.

Kelebihan & Kekurangan Jaringan Client Server

Kelebihan Jaringan client / server juga lebih cenderung jauh lebih stabil. Kekurangan jaringan peer to peer, sumber daya tertentu bersama terletak pada mesin masing-masing pengguna. Jika salah satu workstation pengguna mengalami kerusakan serius dapat mempengaruhi jaringan (di mana rekan kerja tergantung pada sumber daya yang berada pada mesin pengguna lain ‘).

 Pada sebagian besar jaringan client / server, namun, sumber daya bersama berada di server, di mana mereka merasa aman dari serangan gangguan workstation lainnya. Jika pengguna lain untuk menghapus sumber daya bersama, Anda dapat mengandalkan backup yang tersimpan di seserver (hal ini tentunya sulit membuat backup setiap waktu pada jaringan peer-to-peer)

Kekurangan atau Kelemahan jaringan client / server yaitu dari sisi biaya. Sewa Server yang sangat mahal dan itu juga belum termasuk biaya perangkat keras, yang harus lebih kuat daripada workstation standar. Selain itu, jaringan client / server membutuhkan karyawan khusus untuk mengelolanya.

Kecuali jika di kantor mempunyai seorang Operator khusus yang sudah dilatih atau berpengalaman dengan NetWare atau Windows NT Server dan semua masalah yang biasanya muncul dalam jaringan client / server, Anda harus menyewa seseorang teknisi dari luar. 

Dan pastinya ketika anda membutuhkan layanan profesional yang berkualitas tentunya tidak dengan biaya murah. Anda dapat memutuskan memilihi jenis arsitektur jaringan komputer mana yang cocok sesuai kebutuhan setelah mengetahui pengertian dan perbedaan jaringan client server dan peer to peer.


Demikian artikel yang kami sampaikan mengenai tentang Perbedaan Pengertian Peer To Peer dan Jaringan Client Server pada Konsep Jaringan Komputer semoga dapat menambah wawasan baru Anda. Jangan lupa untuk di share ilmunya.Salam Pecinta Ilmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Pengertian Peer To Peer dan Jaringan Client Server pada Konsep Jaringan Komputer"

Post a Comment