23 Makanan Khas Bengkulu Paling Populer dijamin pasti ketagihan! | SUMBER INSPIRATIVE

23 Makanan Khas Bengkulu Paling Populer dijamin pasti ketagihan!


23 Makanan Khas Bengkulu Paling Populer dan Lezat

23  Makanan Khas Bengkulu Paling Populer dijamin pasti ketagihan. Kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang makanan khas Bengkulu yang dimana banyak makanan yang sudah banyak dikenal di Indonesia. Dan Bengkulu juga termasuk ke Pulau Sumatera dan Pulau Sumatera adalah terkenal dengan kulinernya yang populer,penasaran sama makannanya?.Oke Langsung saja ke topiknya. Daftar makanan khas Bengkulu.

1. Pendap, Makanan Khas Bengkulu


Makanan Khas Bengkulu Pendap


Makanan Khas Bengkulu. Makanan kuliner khas Bengkulu yang pertama adalah pendap. Makanan khas Bengkulu pendap ini wajib kamu coba saat mengunjungi kota Bengkulu. Makanan ini dikenal banyak hampir oleh seluruh warga masyarakat Bengkulu.

Pendap ini merupakan varian lauk yang terbuat dari ikan. Cara memasaknya cukup mudah, pertama siapkan beberapa bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabe giling, kencur, dan kelapa parut muda.

Kemudian bumbu yang telah disiapkan dimasukkan ke dalam daun talas bersama dengan daging ikan. Setelah itu, pendap direbus kira kira 8 jam sampai ikan benar-benar matang dan bumbunya dapat meresap. Pendap siap dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat.

2. Gulai Kemba’ang, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Gulai Kemba'ang
Makanan Khas Bengkulu. Gulai Kemba'ang


Makanan Khas Bengkulu. Makanan selanjutnya adalah gulai kemba’ang. Makanan ini merupakan makanan tradisional Bengkulu, walaupun namanya lebih dikenal di daerah Mukomuko. Gulai ini terbuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu yang sudah dikhususkan dari daerah Bengkulu. Hidangan gulai kemba’ang ini biasanya mudah ditemukan saat bulan puasa dan lebaran.

3. Tempoyak, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Tempoyak
Makanan Khas Bengkulu. Tempoyak


Makanan Khas Bengkulu. Selanjutnya ada makanan khas Bengkulu yakni tempoyak yang berbahan dasar fermentasi buah durian. Tempoyak ini biasanya diolah bersama dengan ikan patin.

Banyak masyarakat Bengkulu yang menjadikan makanan ini menjadi makanan favorit karena menurut mereka rasanya sangatlah khas sekali dan nikmat bila dimakan. Kamu harus wajib mencoba tempoyak ini jika sedang berkunjung ke Bengkulu.

4. Lema, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Lemea
Makanan Khas Bengkulu. Lemea


Makanan Khas Bengkulu. Sama dengan tempoyak, makanan khas Bengkulu yang satu ini terbuat dari fermentasi. Apabila tempoyak terbuat dari fermentasi buah durian, lema diolah dari adonan rebung atau bambu muda cincang yang dipadukan dengan ikan air tawar, Setelah itu difermentasikan. Jika tidak dengan ikan tawar, lema bisa juga dipadukan dengan liling dan rebung atau bambu muda.

Sekedar informasi, liling adalah keong yang biasa hidup di daerah persawahan. Lema mempunyai cita rasa asam dan aroma yang sangat kuat. Walaupun aromanya sangat menyengat, akan tetapi banyak orang yang menyukai rasanya dan menjadikan lema sebagai lauk ketika makan nasi dengan lalapan.

5. Bagar Hiu, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Bagar Hiu
Makanan Khas Bengkulu. Bagar Hiu


Makanan Khas Bengkulu. Selanjutnya makanan khas dari Bengkulu ini dikenal dengan nama bagar hiu. Sebagaimana namanya, hidangan kuliner yang satu ini berbahan dasar daging hiu berjenis hiu punai atau hiu tanduk yang dagingnya tidak terlalu amis.

Konon katanya, bagar hiu adalah salah satu makanan favorit Presiden Sukarno selama beliau berada dalam masa pengasingan pada tahun 1938 sampai dengan 1942. Daging hiu ini belum begitu terkenal di Indonesia, maka dari itu jika kamu penasaran ingin mencobanya kamu harus datang ke Bengkulu.

6. Kue Tat, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Kue Tat
Makanan Khas Bengkulu. Kue Tat


Makanan Khas Bengkulu. Tahukah kamu bahwa kue tat ini yakni salah satu kue tradisional khas Bengkulu? Tampilan kue tata hampir sama dengan kue bolu dengan rasa yang manis. Selain itu, rasa gurih juga lebih menonjol ketika kamu mencooba kue ini karena adanya campuran adonan khusus dan bumbu khusus saat membuatnya.

Kue tat sering dihidangkan kepada tamu saat idul fitri tiba. Dulu, katanya kue ini adalah jamuan untuk raja, akan tetapi sekarang semua lapisan masyarakat dapat memakan jenis kue ini.

Kue tat juga dapat bertahan selama beberapa hari sehingga dapat dijadikan oleh oleh khas Bengkulu. Resep makanan khas Bengkulu bernama kue tat ini bisa dengan mudah kamu cari di internet.

7. Kue Lepek Biniti, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Kue Lepek Biniti
Makanan Khas Bengkulu. Kue Lepek Biniti



Makanan Khas Bengkulu. Nama makanan khas dari Bengkulu berikutnya yaitu kue lepek beniti. Kue ini sama uniknya dengan kue tat serta kerap dijadikan menu berbuka puasa saat Ramadhan tiba. 

Kue lepek biniti terbuat dari adonan tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas, beserta bahan-bahan lainnya lalu dibungkus dengan daun pisang. Kue khas Bengkulu ini pas dijadikan oleh-oleh, hanya saja tidak bisa bertahan lama karena khawatir rasanya akan berubah jika disimpan terlalu lama.

8. Rebung Asam Undak Liling



Makanan Khas Bengkulu Rebung Asam Udang Lilink
Makanan Khas Bengkulu. Rebung Asam Udang Lilink


Makanan Khas Bengkulu. Makanan khas Kota Bengkulu berikutnya adalah rebung asam udank liling. Sebagaimana namanya, makanan ini berbahan dasar yaitu rebung atau batang bambu muda. Cara mengolahnya masih sangat tradisional.

Pembuatan rebung asam undak liling cukup lama karena sebelum diolah, rebung harus direndam selama beberapa hari agar rasa asam dari rebung bisa keluar. Setelah direndam, barulah dipadukan dengan liling atau keong hitam yang biasa hidup di sawah.

9. Kue Perut Punai, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Perut Punai
Makanan Khas Bengkulu. Perut Punai


Makanan Khas Bengkulu. Makanan khas provinsi Bengkulu berikutnya adalah kue perut punai. Punai merupaka nama burung, akan tetapi bukan berarti kue ini berbahan dasar daging burung punai ya. Kue yang satu ini diberikan nama kue perut punai karena bentuknya yang mirip dengan perut dari burung punai.

Kue ini dapat kamu jadikan oleh-oleh karena bentuknya unik dan rasanya nikmat tidak kalah dengan kue pabrikan. Kue perut punai memiliki dua varian rasa, yaitu rasa original dan rasa manis.

10. Sirup Kalamansi, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Sirup Kalamansi
Makanan Khas Bengkulu. Sirup Kalamansi


Makanan Khas Bengkulu. Dari bermacam-macam makanan khas Bengkulu di atas, ada juga minuman khas Bengkulu yang terkenal hampir di seluruh Indonesia, yaitu sirup kalamasi. Sirup kalamasi adalah hidangan minuman khas daerah Bengkulu yang dibuat dari gula pasir dan jeruk kalamsi.

Minuman ini bisa diminum kapan saja dan dimana saja. Bisa dihidangkan panas maupun dingin, selain itu minuman ini mengandung banyak sekali gizi dan juga dapat memperlancar sirkulasi darah.

11. Bolu Koja, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Bolu Koja
Makanan Khas Bengkulu. Bolu Koja


Makanan Khas Bengkulu. Makanan khas dari Bengkulu yang satu ini hamper sama dengan bolu kojo khas Palembang. Perbedaannya terletak pada tambahan agar-agar putih guna menghasilkan rasa gurih. Teksturnya yang sangat lembut seperti kue brownies dan cita rasanya sangat nikmat.

Bolu koja ini menggunakan campuran agar-agar, sehingga terasa lembut saat di lidah. Warna dari bolu koja dominan hijau yang berasal dari perpaduan dari daun suji dan daun pandan. Banyak pembuat bolu koja yang melakukan inovasi atau hal baru dengan menambahkan topping keju atau meises di bagian atas bolu koja ini agar lebih menarik minat pembeli.

12. Bay Tat, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Bay Tat
Makanan Khas Bengkulu. Bay Tat


Makanan Khas Bengkulu. Selanjutnya ada makanan khas Bengkulu dan penjelasannya, dikenal dengan nama bay tat. Hidangan kuliner yang masih berjenis kue ini berbentuk segi empat layaknya kue tart yang diakulturasi dengan tampilan kue pie dengan topping nanas atau keju. Dahulu kala, menurut penduduk Bengkulu, bay tat ini merupakan hidangan kuliner khusus untuk raja Bengkulu.

Namun sekarang semua lapisan masyarakat dapat menikmatinya. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan bay tat ini di toko oleh oleh Bengkulu. Arti dari bay tat diambil dari gabungan kata bay dan tat. Bay memiliki arti induk sementara dan tat artinya kue tart.

Kue ini dibuat dari perpaduan tepung gandum, telur ayam, mentega, dan juga gula pasir. Teksturnya lembut rasanya manis ditambah dengan topping yang menarik hati unutk mencobanya.

13. Mie Terbang, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Mie Terbang
Makanan Khas Bengkulu. Mie Terbang


Makanan Khas Bengkulu. Kuliner khas Bengkulu yang menarik ini dipelopori oleh Salman, seorang pemilik rumah makan yang ada di pusat jajanan kuliner di kota Bengkulu yang terletak di Jalan Rafflesia. Ide kreatif Salman dan istrinya ini ternyata diterima oleh masyarakat karena dianggap unik dan berbeda dari yang lainnya.

 Mie ini dihidangkan dalam keadaan terbang dari dalam mangkok. Ada cara khusus yang digunakan agar mie terlihat seperti terbang. Penasaran kan? Mie terbang ini juga memiliki tingkat level kepedasan hingga level lima. Biasanya mie ini dihidangkan bersama dengan kerupuk, irisan timun, telur, dan juga tomat.

14. Manisan Terong, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Manisan Terong
Makanan Khas Bengkulu. Manisan Terong


Makanan Khas Bengkulu. Makanan ringan khas Bengkulu berikut ini tidak pernah terlewatkan oleh masyarakat Bengkulu. Karena keunikan dari makanan khas ini merupakan bahan dasarnya yang terbuat dari terong yang dimana biasanya manisan akan terbuat dari buah. Sesuai dengan namanya, manisan terong ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang legit.

Untuk dapat memakan manisan terong ini, ada tiga tahapan yang harus dilakukan, pertama menyiapkan bahan, lalu pengolahan, dan yang terakhir pengemasan produk. Satu bungkus manisan terong ini dijual dengan harga sekitar 15 ribu rupiah. Jika dicicipi, manisan terong ini rasanya hampir sama dengan buah kurma.

15. Lemang Tapai, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Lemang Tapai
Makanan Khas Bengkulu. Lemang Tapai


Makanan Khas Bengkulu. Lemang tapai adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari beras kentan yang dimasak dengan santan dan dibubuhi garam lalu dibungkus dengan daun pisang. Cara memasaknya dengan cara dibakar di atas bara api pada seruas bambu muda.

 Setelah lemang matang, lemang biasanya dinikmati dengan tapai ketan hitam. Maka dari pada itu, namanya dikenal sebagai lemang tapai. Jika lemang ini dinikmati dengan durian, maka namanya menjadi lemang durian. Rasanya gurih dengan tekstur yang legit membuat lemang tapai ini banyak dihidangkan saat idul fitri dan idul adha tiba.

16. Kue Siput Bengkulu, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Kue Siput
Makanan Khas Bengkulu. Kue Siput


Makanan Khas Bengkulu. Makanan yang selanjutnya yaitu cemilan khas Bengkulu. Yang terbuat dari tepung dengan isi kacang digulung seperti siput dan rasanya renyah. Ada yang berisi gula merah dan ada yang asin. Untuk mendapatkan makanan ini Anda haru mengocek dengan harga dimulai dari Rp. 15.000/ plastik.

17. Kue Cucur, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Kue Cucur
Makanan Khas Bengkulu. Kue Cucur


Makanan Khas Bengkulu. Makanan berikutnya ada kue khas Bengkulu bernama kue cucur yang terbuat dari tepung terigu dan perpaduan gula merah. Kue cucur ini dijual cukup murah, Anda dapat memperoleh makanan ini hanya mengeluarkan uang seribu rupiah saja. Di Bengkulu, kue cucur ini adalah satu dari tujuh jenis kue yang harus dihidangkan dalam prosesi lamaran seorang calon pengantin.

18. Kue Satu, Makanan Khas Bengkulu



Makanan Khas Bengkulu Kue Satu
Makanan Khas Bengkulu. Kue Satu


Makanan Khas Bengkulu. Berikut ini dihidangkan makanan khas Bengkulu dan resepnya yang dikenal dengan nama kue satu. Bahan untuk membuat kue satu ini diantaranya 2 ons kacang hijau, 1 ¾ ons gula halus, 2 sendok makan air, dan ¼ sendok teh essence vanili. Untuk cara pembuatannya, pertama tama kacang hijau di sangrai untuk melepas kulitnya.

Setelah itu, kacang hijau dihaluskan dengan blender sampai lembut. lalu, kacang hijau tersebut disaring dan dipadukan bersama dengan gula halus, air, serta vanili juga diaduk hingga pulen. Siapkan cetakan kemudian cetaklah adonan juga ditekan sampai padat.

Panggang dalam oven dengan suhu minimal 150 derajat celcius sampai adonan menjadi kering. Begitu matang, angkat adonan yang sudah jadi kue dan disukai. Terakhir masukkan kue satu ke dalam toples atau letakkan dalam piring saji untuk dihidangkan.

19. Kembang Goyang, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Kembang Goyang
Makanan Khas Bengkulu. Kembang Goyang


Makanan Khas Bengkulu. Kembang goyang merupakan salah satu cemilan berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa. Cemilan ini menjadi perhatiaan saat upacara pernikahan adat berlangsung. Bentuknya hamper sama dengan bunga dan cara membuatnya dengan cara digoreng. Jadi, saat menggoreng cemilan ini, adonan kue harus di goyang, sehingga dimakan kembang goyang.

Rasa hidangan kuliner kembang goyang ini beragam ada yang tawar dan ada juga yang manis, akan tetapi ada juga yang memiliki rasa gurih saat dicoba. Meskipun kembang goyang ini hampir sama dengan kue kembang goyang yang ada di Jawa Timur, namun bisa jadi sejarah dari kedua jenis kue ini berbeda.

Meskipun begitu, kita harus tetap menghargainya dan menyerap informasi tersebut agar wawasan kita tentang budaya nusantara kita menjadi lebih lengkap lagi dan tentunya menambah rasa cinta kita terhadap tanah air sendiri.

20. Gulai Pisang, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Gulai Pisang
Makanan Khas Bengkulu. Gulai Pisang


Makanan Khas Bengkulu. Makanan khas daerah Bengkulu bernama gulai pisang ini merupakan hidangan kuliner yang menarik. Jika biasanya pisang sebagai buah-buahan diolah sebagai manisan atau langsung dinikmati begitu saja, namun di Bengkulu pisang dapat diolah menjadi masakan berupa gulai. Resep gulai pisang itu pun diwariskan secara turun temurun.

Cara memasaknya sangat mudah, pertama kamu harus menyiapkan bahan berupa pisang dan santan secukupnya. Rendam pisang dengan garam dan jeruk nipis, lalu tiriskan dan rebus selama kurang lebih 10 menit.

Setelah itu, campurkan pisang dengan bumbu-bumbu khusus gulai kemudian dimasak sebentar sebelum dihidangkan. Selain enak, pisang juga cocok bagi kamu yang sedang melakukan program diet. Bila kamu bosan dengan diet pisang yang monoton, maka kamu bisa mencoba hidangan kuliner yang satu ini.

21. Teh Oolong, Makanan Khas Bengkulu

Minuman Khas Bengkulu Teh Oolong
Minuman Khas Bengkulu. Teh Oolong


Minuman Khas Bengkulu. Minuman yang satu ini berasal dari Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Diolah secara semifermentasi menghasilkan teh oolong dengan warna seduhan kuning keemasan dengan aromanya khas.

Teh oolong ini selain enak juga memiliki beragam manfaat, diantaranya dapat menurunkan berat badan, memperbaiki ginjal dan limpa, serta mencegah plak dan karang gigi. Selain itu, teh oolong juga efektif mengatasi eksim dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

22. Emping Bengkulu, Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu Emping
Makanan Khas Bengkulu. Emping


Makanan Khas Bengkulu. Emping merupakan makanan yang terbuat dari biji buah melinjo yang direbus yang kemudian ditumbuk dan dimemarkan. Emping biasa digunakan cemilan saat sedang bersantai dengan keluarga maupun teman. Makanan ringan khas Bengkulu ini biasa dijual dalam bentuk masih mentah atau belum digoreng.

Harga perkilonya memang cukup mahal, dapat mencapai ratusan ribu rupiah karena bahan dan proses pembuatannya cukup lama. Emping bengkulu bisa dengan mudah kamu cari di toko oleh oleh khas Bengkulu.

23. Kopi Bengkulu, Makanan Khas Bengkulu

Minuman Khas Bengkulu Kopi
Minuman Khas Bengkulu. Kopi


Makanan Khas Bengkulu. Wilayah Aceh dan Sumatera sudah dikenal sebagai penghasil kopi terbaik di nusantara maupun mancanegara. Bengkulu sebagai salah satu wilayah yang terletak di Pulau Sumatera juga memiliki hidangan kopi khas daerah yang rasanya unik.

Banyak dari wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu menjadikan kopi bengkulu ini sebagai buah di kota yang satu ini. Kopi Bengkulu dipasarkan dalam kemasan modern yang terdiri dari bungkusan kecil maupun kiloan.

Sekian informasi tentang makanan khas Bengkulu kali ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan referensi mengenai ragam hidangan kuliner khas Indonesia, khususnya dari Bengkulu. Jangan lupa juga untuk membaca ulasan mengenai tempat wisata Bengkulu agar kamu tidak tersesat ketika berkunjung ke Bengkulu. Salam Pecinta Ilmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "23 Makanan Khas Bengkulu Paling Populer dijamin pasti ketagihan!"

Post a Comment