Struktur Dasar dan Prinsip Kerja Internet | SUMBER INSPIRATIVE

Struktur Dasar dan Prinsip Kerja Internet


Struktur Dasar dan Prinsip Kerja Internet


Struktur Dasar dan Prinsip Kerja Internet

Struktur Dasar dan Prinsip Kerja Internet. Jaringan Internet adalah jaringan informasi global yang mewakili serikat  jaringan komputer regional dan komputer yang berkomunikasi satu sama lain melewati informasi telekomunikasi publik (analog berdedikasi dan saluran telepon digital, saluran komunikasi optik dan saluran radio, termasuk link satelit).


Informasi yang tersimpan di server internet, mempunyai alamat dan dikelola oleh program khusus pada server. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan dan file ke database, melakukan pencarian dan tugas-tugas lainnya.

Pertukaran informasi antara jaringan server  berfungsi pada saluran komunikasi berkecepatan tinggi (saluran telepon khusus, serat optik dan link satelit). Akses individu ke sumber daya informasi ke Internet melewati ISP- Internet Service Provider atau jasa penyedia layanan internet.

Provider adalah jasa badan jasa atau perusahaan penyedia layanan jaringan – yang menyediakan jasa untuk dapat terhubung ke jaringan komputer. Sebagai penyedia menjalankan pengorganisaisian serupa kolam kolam modem yang berfungsi menghubungkan pelanggan ke jaringan komputer di seluruh dunia.

Struktur global & Prinsip Kerja Internet


Cara Untuk menghubungkan komputer ke jaringan komputer, harus mempunyaii syarat perangkat khusus elektronik yang disebut kartu jaringan, adapter jaringan, modem, dll

Struktur Dasar Dan Prinsip Kerja Internet dibangun di atas prinsip dari client-server. Semua informasi di Internet disimpan pada server. Pertukaran informasi antara server dilakukan melewati jalan raya atau saluran komunikasi berkecepatan tinggi. Server digabungkan dengan saluran kecepatan tinggi, merupakan bagian dasar dari Internet.

Masing-masing pengguna yang terhubung ke jaringan melalui komputer penyedia layanan Internet lokal,  ISP (Internet Service Provider), yang memiliki koneksi permanen ke Internet. Penyedia Regional terhubung ke penyedia besar nasional, mempunyai node dari berbagai kota negara. Jaringan penyedia nasional bekerja sama dalam jaringan penyedia transnasional atau penyedia tingkat pertama. Penyedia jaringan gabungan membuat tingkat pertama dari jaringan global Internet.

Transmisi informasi di Internet yang bisa dilakukan berdasarkan sebuah fakta bahwa setiap komputer  di jaringan mempunyai alamat yang unik (IP-address), dan protokol jaringan menyediakan interaksi berbagai jenis komputer yang menjalankan sistem operasi yang berbeda.

Secara umum, prinsip Kerja Internet menggunakan  lapisan keluarga protokol jaringan  TCP / IP, Layer (lapisan) ini berkaitan dengan media transmisi yang menghubungkan satu peralatan jaringan komputer dengan peralatan jaringan komputer lainnya. Lapisan ini juga berkaitan dengan sinyal-sinyal listrik, sinar maupun gelombang radio yang digunakan untuk mengirimkan data. Pada lapisan ini juga dipaparkan penjelasan mengenai tentang jarak terjauh yang mungkin digunakan oleh sebuah media fisik. Pada lapisan ini juga diantur bagaimana cara melakukan collision control.

Lapisan aplikasi menggabungkan semua layanan yang sistem menyediakan kepada pengguna Lapisan ini adalah di mana interaksi dengan pengguna dilakukan. Pada lapisan inilah semua jenis program jaringan komputer seperti browser dan email client dapat berjalan.  Aplikasi Protokol TCP utama termasuk remote desktop, telnet, File Transfer Protocol FTP, transfer hypertext protokol HTTP, protokol e-mail: SMTP, POP, IMAP, MIME.

Demikian artikel yang kami sampaikan mengenai tentang Struktur Dasar dan Prinsip Kerja Internet. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan janga lupa untuk di share ilmunya agar lebih bermanfaat lagi. Salam Pecinta Ilmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Dasar dan Prinsip Kerja Internet"

Post a Comment